Langsung ke konten utama

Berita Duka : Luis Salom Meninggal

Luis Jaime Salom Horrach


Sekali lagi dunia balap internasional berduka. Pebalap Moto2 asal Spanyol Luis Salom tewas dalam kecelakaan di sesi latihan Moto2 Katalunya di sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. Pebalap bernomor start 39 itu jatoh di tikungan 12 dan sempat dapet perawatan dari tim medis. Tapi sayang jagoan tim SAG Racing nggak bisa diselamatkan. Di rumah sakit Luis Salom dinyatakan meninggal jam 16:55 waktu setempat akibat cedera parah yang dialaminya. Dia meninggal di usia 24 taun.


Luis Salom yang bernama lengkap Luis Jaime Salom Horrach pertama kali masuk ajang MotoGP di kelas 125cc taun 2009 dengan motor aprilia. Baru di taun 2010 dia dapet jatah semusim penuh dan berada di peringkat 12 klasemen akhir GP125cc. Taun 2011 jadi awal kebangkitan Luis, dia berhasil dapat 1 finis podium di GP Australia dan naik ke peringkat 8 klasemen akhir.
 
kemenangan pertama, GP Indianapolis 2012
Taun 2012 kelas 125cc diganti dengan Moto3 dan Luis gaung tim RW Racing dengan motor KTM bersasis Kalex. Dia berhasil menang di GP Indianapolis dan Aragon dan dapat tambahan lagi 6 finis podium. Meski sebenarnya Sandro Cortese yang jadi juara dunia, Luis berada di peringkat 2 klasemen. 

2013 dia pindah ke timnya Cortese, Red Bull KTM. Awal musim yang sangat impresif dengan 6 kemenangan dan terus pimpin klasemen sampai GP Australia. Sayang di GP Jepang dia ditabrak Isaac Vinales dan peluangnya jadi Juara Dunia pupus karena Maverick Vinales yang lebih konsisten menang. Luis masuk 3 besar Moto3 di taun itu.
 
kenangan bersama tim Pons
Selanjutnya Luis naik ke kelas moto2 setelah direkrut tim Paginas Amarillas HP 40 Pons. Setim dengan Maverick Vinales, dia kurang bisa tampil sebagus teman setimnya itu. Pemain yang berjuluk ‘El Mexicano’ ini cuma catat 2 x podium di Argentina dan Itali. Musim 2015 bahkan dia gagal naik podium.
Luis di taun 2016
Tim SAG menyelamatkan karirnya seiring digantinya dia sama Edgar Pons di tim Pons. Di balapan pertama di 2016, GP Qatar, Luis berhasil finis kedua. Dia cukup konsisten masuk finis poin biarpun timnya bisa dibilang kurang bagus. Dia diharapkan bisa meraih banyak poin buat tim asal Spanyol itu. Tapi apa boleh dikata, manusia hanya bisa berencana tapi Allah yang menentukan. Luis meninggal dalam kecelakaan di sirkuit di tanah airnya, sirkuit Barcelona-Catalunya Spanyol. Dugaan sementara Luis meninggal karena cedera parah saat ia jatuh dan terhempas ke tembok pembatas lalu terhantam motornya.
 
tindakan tim medis di lokasi kecelakaan
Kalau dirunut dari awal abad 21 atau dari 2000, sudah ada 4 pebalap kehilangan nyawanya di ajang balap motor dunia; Daijiro Kato (meninggal taun 2003), Shoya Tomizawa (2010), Marco Simoncelli (2011) dan Luis Salom (2016).

Sumber : http://a.fssta.com/content/dam/fsdigital/fscom/MOTORS/images/2016/06/03/060316_motor_salom_death_1.vadapt.664.high.79.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

Ketatnya MotoGP 2016

Baru setengah jalan musim 2016 ajang MotoGP kita para penontonnya udah disuguhin aksi-aksi yang luar biasa. Persaingan dari jajaran depan tengah sama belakang sekarang udah merata. Para pebalap saling mengalahkan, yang dari depan bisa ke belakang, yang tengah bisa ganggu yang di depan dan yang jurkun bisa nyodok ke tengah bahkan sampe menang!    Marc Marquez calon juara dunia 2016 7 balapan pertama emang didominasi tiga pebalap top saat ini; Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi. Masing-masing dari mereka udah ngerasain enaknya jadi juara dan gedeknya sial di kandang sendiri. Mereka saling mengalahkan di setiap balapannya. Kalo disebut kemenangan yang sensasional ya GP Mugello pas Jorge Lorenzo menang dengan jarak cuma sejengkal (dalam arti sebenernya) dan di GP Jerez saat Rossi terus di depan dari awal lomba.   Andrea Dovizioso Tim Ducati punya potensi besar lewat motor GP16 mereka. Aerodinamikanya kuat, trus motornya cepet. Sayangnya...