Langsung ke konten utama

Berita Duka : Luis Salom Meninggal

Luis Jaime Salom Horrach


Sekali lagi dunia balap internasional berduka. Pebalap Moto2 asal Spanyol Luis Salom tewas dalam kecelakaan di sesi latihan Moto2 Katalunya di sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. Pebalap bernomor start 39 itu jatoh di tikungan 12 dan sempat dapet perawatan dari tim medis. Tapi sayang jagoan tim SAG Racing nggak bisa diselamatkan. Di rumah sakit Luis Salom dinyatakan meninggal jam 16:55 waktu setempat akibat cedera parah yang dialaminya. Dia meninggal di usia 24 taun.


Luis Salom yang bernama lengkap Luis Jaime Salom Horrach pertama kali masuk ajang MotoGP di kelas 125cc taun 2009 dengan motor aprilia. Baru di taun 2010 dia dapet jatah semusim penuh dan berada di peringkat 12 klasemen akhir GP125cc. Taun 2011 jadi awal kebangkitan Luis, dia berhasil dapat 1 finis podium di GP Australia dan naik ke peringkat 8 klasemen akhir.
 
kemenangan pertama, GP Indianapolis 2012
Taun 2012 kelas 125cc diganti dengan Moto3 dan Luis gaung tim RW Racing dengan motor KTM bersasis Kalex. Dia berhasil menang di GP Indianapolis dan Aragon dan dapat tambahan lagi 6 finis podium. Meski sebenarnya Sandro Cortese yang jadi juara dunia, Luis berada di peringkat 2 klasemen. 

2013 dia pindah ke timnya Cortese, Red Bull KTM. Awal musim yang sangat impresif dengan 6 kemenangan dan terus pimpin klasemen sampai GP Australia. Sayang di GP Jepang dia ditabrak Isaac Vinales dan peluangnya jadi Juara Dunia pupus karena Maverick Vinales yang lebih konsisten menang. Luis masuk 3 besar Moto3 di taun itu.
 
kenangan bersama tim Pons
Selanjutnya Luis naik ke kelas moto2 setelah direkrut tim Paginas Amarillas HP 40 Pons. Setim dengan Maverick Vinales, dia kurang bisa tampil sebagus teman setimnya itu. Pemain yang berjuluk ‘El Mexicano’ ini cuma catat 2 x podium di Argentina dan Itali. Musim 2015 bahkan dia gagal naik podium.
Luis di taun 2016
Tim SAG menyelamatkan karirnya seiring digantinya dia sama Edgar Pons di tim Pons. Di balapan pertama di 2016, GP Qatar, Luis berhasil finis kedua. Dia cukup konsisten masuk finis poin biarpun timnya bisa dibilang kurang bagus. Dia diharapkan bisa meraih banyak poin buat tim asal Spanyol itu. Tapi apa boleh dikata, manusia hanya bisa berencana tapi Allah yang menentukan. Luis meninggal dalam kecelakaan di sirkuit di tanah airnya, sirkuit Barcelona-Catalunya Spanyol. Dugaan sementara Luis meninggal karena cedera parah saat ia jatuh dan terhempas ke tembok pembatas lalu terhantam motornya.
 
tindakan tim medis di lokasi kecelakaan
Kalau dirunut dari awal abad 21 atau dari 2000, sudah ada 4 pebalap kehilangan nyawanya di ajang balap motor dunia; Daijiro Kato (meninggal taun 2003), Shoya Tomizawa (2010), Marco Simoncelli (2011) dan Luis Salom (2016).

Sumber : http://a.fssta.com/content/dam/fsdigital/fscom/MOTORS/images/2016/06/03/060316_motor_salom_death_1.vadapt.664.high.79.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...