Langsung ke konten utama

HASIL LE MANS 2016 : KEJUTAN BESAR !!



Gelaran Le Mans 24 Jam yang ke-84 di sirkuit La Sarthe, Prancis berjalan ramai sekali. Dari empat kelas yang dilombain; LM P1, LM P2, LM GTE Pro dan LM GTE Am, perebutan gelar juara begitu sengit. 
 
podium Le Mans 2016
Dari kelas LMP1 posisi pole diisi mobil Porsche No. 2 (Neel Jani, Marc Lieb, Romain Dumas). Mobil Toyota GAZOO No. 5 (Kazuki Nakajima, Sebastien Buemi) berhasil ambil alih pimpinan lomba. Para pebalapnya terus menerus mimpin sampe di menit-menit akhir balapan. 
padahal udah lama pimpin lomba
Sayang seribu sayang, cuma 2 menit sebelum waktu habis, mobil Toyota TS050 yang lagi dibawa Kazuki Nakajima tiba-tiba mogok dan harus berhenti. Impian Toyota selama bertaun-taun buat juara Le Mans hancur dan mereka disusul Porsche No. 2. Para pendukung Toyota yang udah siap-siap selebrasi berubah jadi diem dan bungkam saat mobil No.5 berhenti. Sebaliknya para pendukung Porsche sorak sorai sambut kemenangan di taun ini. 
kemenangan tak terduga

Podium kelas LMP1 diisi juga Toyota GAZOO No. 6 (Stephane Sarrazin, Kamui Kobayashi, Mike Conway) di posisi 2 dan Audi No. 8 (Loic Duval, Lucas Di Grassi, Oliver Jarvis) di posisi 3 yang ketinggalan 9 lap dari Porsche No. 2.

Di kelas LMP2, mobil Signatech Alpine No. 36 (Nicolas Lapierre, Gustavo Menezes, Stephane Richelmi) jadi pemenang dengan total raihan 357 lap. Runner-up nya ada G-Drive Racing No. 26 (Roman Rusinov, Will Stevens, Rene Rast) 353 lap sama SMP Racing No. 37 (Vitaly Petrov, Viktor Shaitar, Kirill Ladygin) di posis tiga dengan 351 lap.
mobil juara LMP2
Ada kejutan besar dari kelas LMGTE Pro lewat tim Ford Chip Ganassi Team USA. Tim itu berhasil finis ke-1 dan 3 lewat mobil No. 68 (Joey Hand, Dirk Muller, Sebastien Bourdais) dan No. 69 (Ryan Briscoe, Richard Westbrook, Scott Dixon). Ini prestasi fenomenal soalnya pabrikan Ford baru balik lagi ikutan Le Mans setelah lama absen. Pabrikan dari Amerika Serikat itu andalin mobil Ford GT generasi baru. Peringkat dua diisi Risi Competizione No. 82 (Giancarlo Fisichella, Matteo Malucelli, Toni Vilander) yang pacu mobil baru Ferrari 488. Kesemua mobil di 3 besar udah tempuh 340 lap pas waktunya habis. 
Ford langsung juara dengan mobil baru
Lain lagi ama kelas LMGTE Amatir. Mobil Ferrari 458 Italia milik tim Scuderia Corsa No. 62 yang dipacu Bill Sweedler, Townsend Bell sama Jeff Segal jadi yang terbaik di kelas ini. Mereka sama posisi keduanya yang ditempatin mobil AF Corse No. 83 (Francois Perrodo, Emmanuel Colard, Rui Aguas) sampe 331 lap. Posisi ketiga jadi milik Abu Dhabi Proton Racing No. 88 (Khalid Al-Qubaisi, Patrick Long, David Heinemeier Hansson) yang jajal Porsche 911 RSR yang ketinggalan 1 lap doang dari posisi 1-2.

sumber : fanpage 24 Heures du Mans
/http://irishhub.biz/van-der-garde-we-can-take-lmp2-win-at-le-mans/
http://hanabi.autoweek.com/sites/default/files/styles/gen-932-524/public/_79P9255.jpg?itok=zCh4aNhs 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...