Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 5 (GP Monako 1976)



30 Mei 1976
Sirkuit Monte Carlo, Monako
 
GP Monako 1976 di Film Rush
Gelaran GP Monako taun ini adalah balapan kelima dari Formula 1 musim 1976. Pimpinan klasemen Niki Lauda raih pole position dalam balapan yang berlangsung selama 78 putaran ini. James Hunt masih terus dirundung tren negatif setelah di balapan sebelumnya di Belgia mobilnya mengalami masalah dan menabrak pagar pembatas.
 
para pebalap memasuki tikungan Mirabeau
Setelah 78 putaran yang sangat menantang di jalanan kota Monako, Niki Lauda finis pertama disusul duo tim Tyrrell Jody Scheckter (Afrika Selatan) dan Patrick Depailler (Prancis). Niki semakin jauh meninggalkan para pebalap lain di klasemen pebalap dengan keunggulan 36 poin. 
adegan rusaknya mobil James di film Rush

Pesaing berat Niki Lauda, James Hunt, harus kecewa gagal finis karena mesin Ford mobil Mclaren M23-nya meleduk. Lagi-lagi pilot berjuluk “Hunt the Shunt” ini gagal raih poin. Dia bahkan sempat ngamuk saat diwawancara akibat mobilnya yang cepat rusak.
 
James Hunt marah pas diwawancara
Seri Kilas Balik Rush selanjutnya akan bahas GP Inggris 1976. Sampai jumpa !!!

sumber : 

wikipedia

http://img04.deviantart.net/8087/i/2012/257/c/2/1976_monaco_grand_prix_by_f1_history-d5en4n2.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

Ketatnya MotoGP 2016

Baru setengah jalan musim 2016 ajang MotoGP kita para penontonnya udah disuguhin aksi-aksi yang luar biasa. Persaingan dari jajaran depan tengah sama belakang sekarang udah merata. Para pebalap saling mengalahkan, yang dari depan bisa ke belakang, yang tengah bisa ganggu yang di depan dan yang jurkun bisa nyodok ke tengah bahkan sampe menang!    Marc Marquez calon juara dunia 2016 7 balapan pertama emang didominasi tiga pebalap top saat ini; Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi. Masing-masing dari mereka udah ngerasain enaknya jadi juara dan gedeknya sial di kandang sendiri. Mereka saling mengalahkan di setiap balapannya. Kalo disebut kemenangan yang sensasional ya GP Mugello pas Jorge Lorenzo menang dengan jarak cuma sejengkal (dalam arti sebenernya) dan di GP Jerez saat Rossi terus di depan dari awal lomba.   Andrea Dovizioso Tim Ducati punya potensi besar lewat motor GP16 mereka. Aerodinamikanya kuat, trus motornya cepet. Sayangnya...