Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 5 (GP Monako 1976)



30 Mei 1976
Sirkuit Monte Carlo, Monako
 
GP Monako 1976 di Film Rush
Gelaran GP Monako taun ini adalah balapan kelima dari Formula 1 musim 1976. Pimpinan klasemen Niki Lauda raih pole position dalam balapan yang berlangsung selama 78 putaran ini. James Hunt masih terus dirundung tren negatif setelah di balapan sebelumnya di Belgia mobilnya mengalami masalah dan menabrak pagar pembatas.
 
para pebalap memasuki tikungan Mirabeau
Setelah 78 putaran yang sangat menantang di jalanan kota Monako, Niki Lauda finis pertama disusul duo tim Tyrrell Jody Scheckter (Afrika Selatan) dan Patrick Depailler (Prancis). Niki semakin jauh meninggalkan para pebalap lain di klasemen pebalap dengan keunggulan 36 poin. 
adegan rusaknya mobil James di film Rush

Pesaing berat Niki Lauda, James Hunt, harus kecewa gagal finis karena mesin Ford mobil Mclaren M23-nya meleduk. Lagi-lagi pilot berjuluk “Hunt the Shunt” ini gagal raih poin. Dia bahkan sempat ngamuk saat diwawancara akibat mobilnya yang cepat rusak.
 
James Hunt marah pas diwawancara
Seri Kilas Balik Rush selanjutnya akan bahas GP Inggris 1976. Sampai jumpa !!!

sumber : 

wikipedia

http://img04.deviantart.net/8087/i/2012/257/c/2/1976_monaco_grand_prix_by_f1_history-d5en4n2.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA : Bagian 2

Buat bagian 2 ini, Batheki mau kasih khusus seartikel tentang mobil-mobil terhebat yang pernah ada di F1. Bagian 1-nya ada di sini . Lotus 25 (1962-67) Pembuka sajian mobil-mobil balap terhebat di dunia ini datang dari dekade 1960an. Waktu itu mobil-mobil yang ada di F1 sama sekali belum kena sentuhan elektronik, masih mekanis semua sistem kerjanya. Dekade 1960an didominasi tim asal Inggris, Lotus. Pebalap terhebat mereka, Jim Clark raih 3x juara dunia. Gelar taun 1963 dan 1965 diraih dengan mobil Lotus 25. Lotus 25 sendiri adalah penyempurnaan dari varian 24. Mesin yang dipake mobil bersasis monokok aluminium ini yaitu Coventry Climax FWMV 1500cc V8 N/A. Tenaga maksimal mobil ini cuma 195hp tapi bobotnya ringan banget (450kg). 25 dirancang langsung sama sang pendiri merek dan tim Lotus, Colin Chapman.  Pertama kali mobil ini diturunin di ajang F1 adalah taun 1962. Mobil yang dipake Jim Clark ini nganterin dia menangin 14 GP di rentang waktu 1962-65. Jim bahk...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...