Langsung ke konten utama

Para Pebalap Muda Berbakat Calon Juara : Bagian 3


Alex Rins
 
masa Moto3 Alex Rins

Pemuda 20 taun asal Spanyol ini salah satu yang paling berbakat di dunia moto2 sekarang ini. Cowok kelahiran kota Barcelona ini pertama kali masuk Moto3 di taun 2012 bareng tim Monlau yang disponsori Estrella Galicia 0,0. Musim pertamanya bagus banget. Dengan motor Suter-Honda doi bisa langsung tembus 5 besar klasemen. Taun 2013 tim Monlau ganti motornya dengan KTM dan pasangin dia sama Alex Marquez, adiknya Juara MotoGP 2013-14, Marc Marquez. Alex Rins jadi runner-up Moto3 2013 dengan raihan 6x menang dan 14 podium. Taun selanjutnya doi masih bareng sama Alex yang satunya lagi dan raih 2 kemenangan setelah timnya itu pake motor Honda lagi.
 
direbutin banyak tim MotoGP
Alex Rins naik ke Moto2 di taun 2015 dan baru di musim pertamanya dia udah bisa tebar ancaman. Tergabung di tim Paginas Amarillas HP 40 Pons, Alex bisa menangin balapan di Indianapolis sama Australia. Musim debutnya ditutup manis dengan ada di peringkat 2 klasemen akhir. Bakat luar biasa Alex bikin banyak tim ngincer tandatangannya. Buat musim ini, bisa dibilang Alex termasuk pebalap yang bisa bersaing buat jadi juara. Banyak orang bilang nantinya dia bakal jadi pebalap hebat.

Jorge Navarro
Jorge di GP Australia 2014

Satu lagi bibit unggul pebalap Spanyol. Jorge yang lahir di taun 1996 ini sebenernya udah mulai ikut Moto3 dari 2012 tapi cuma sebagai wildcard. Barulah di 2014 doi gabung tim Marc VDS yang sebelumnya udah ngelahirin beberapa pebalap hebat macem Tito Rabat sama Scott Redding. Taun selanjutnya, 2015, Marc VDS merger dengan tim Monlau dan dia setim sama Fabio Quartararo yang lebih banyak dapet sorotan. Meskipun begitu Jorge bisa lebih konsisten buat raih posisi 7 klasemen akhir dan dia diganjar gelar rookie terbaik Moto3 2015.


Pebalap yang nama lengkapnya Jorge Navarro Sanchez ini akhirnya raih kemenangan pertamanya di Moto3 pas GP Katalunya 2016. Taun ini aja di 7 balapan awal dia udah 4x naik podium. Di tengah-tengah kuatnya para pebalap Moto3 Italia saat ini, Jorge bisa jadi rider Spanyol yang paling menonjol di kelas capung. Taun sekarang dia udah kompetitif dan taun depan diyakini bisa bersaing untuk gelar juara Moto3.
 
2016 taun penting buat Jorge

Nicolo Bulega

Sekarang ini banyak bermunculan pebalap Italia di ajang Moto3 dan posisi mereka di persaingan sangat kuat. Salah satu yang menonjol di taun 2016 ini adalah Nicolo Bulega. Nico yang bapaknya dulu juga pebalap motor ini jebolan akademi balap motor terkemuka dunia, VR46 Academy. Jadilah Nico murid pebalap Italia yang tersukses di era modern MotoGP, Valentino Rossi.

Sebelum masuk Moto3, cowok yang sekarang masih 16 taun ini udah raih banyak prestasi. Raihan juaranya meliputi Kejurnas Italia Pra-GP125 2012, Kejurnas Pra-GP250 2013 dan CEV Moto3 Junior 2015. Waaah hebat ya semuanya diraih sebelum usia 15 taun.

Nico dapat kesempatan turun di GP terakhir 2015, GP Valencia, sebagai wildcard dari tim SKY Racing Team VR46. Baru aja pertama ikut dia udah finis ke-12. Dia akhirnya dapet jatah semusim penuh mulai taun ini dan berhasil finis kedua di GP Jerez.

Niccolo Antonelli

Niccolo Antonelli juga termasuk di antara mereka yang punya bakat luar biasa dan calon juara di masa depan. Cowok 20 taun kelahiran Cattolica, Italia ini udah lama juga main di Moto3. Lebih tepatnya doi udah sejak 2012 bersaing di kelas itu. Karirnya waktu itu dirintis dari tim Gresini yang turun di Moto3 pake motor Honda. Di taun 2012-14 dia cuma ada di papan tengah klasemen tapi cukup konsisten penampilannya.
 
Nicco di GP Jepang 2015
Taun 2015 jadi titik penting karirnya Nicco karena dia pindah ke tim Ongetta-Rivacold yang andalkan motor Honda. Nicco, yang sekampung halaman sama mendiang Marco Simoncelli bisa nemuin performa maksimalnya dengan jadi juara di GP Ceko 2015 dan GP Jepang 2015. Sampe akhir musim dia 4x finis podium dan cuma 5x gak dapet poin.

Taun sekarang dia masih bertahan di Ongetta-Rivacold trus dia jadi yang pertama finis di GP Qatar. Kesamaan Nicco sama Marco Simoncelli itu lebih dari sekedar asal kampungnya aja, tapi juga bakat dan gaya balapnya. Nicco digadang-gadang sebagai titisan Sang SuperSic oleh banyak fans. Kita liat aja apa dia suatu hari nanti bisa jadi juara... 

Brad Binder

Kalo yang ini barulah calon Juara Dunia Moto3 musim ini. Brad Binder si joki asal Afrika Selatan. Dia lagi ada di era keemasan di karir Moto3-nya. 
 
Brad Binder di taun 2013
Brad yang lahir di kota Potchefstroom, Afsel, 20 taun lalu udah termasuk pebalap senior di kelas capung Moto3. Dia punya adik yang juga ikut balap di kelas moto3 bareng dia bernama Darryn. Sebenernya dia pernah ikut kelas GP125cc di taun 2011 sebagai pebalap pengganti dengan motor Aprilia. Begitu kelas itu diganti dengan Moto3 di 2012, dia bisa main semusim penuh dengan motor Kalex KTM. Taun 2013-14 dia gabung tim Ambrogio Racing, konsisten di papan tengah sebelum bisa naik podium di GP Jerman 2014 dan Jepang 2014.
 
taun ini serius bicara Juara Dunia
Jalan karir cowok Afsel ini berubah pas di taun 2015 dia gabung tim elit Moto3, Red Bull KTM Ajo. Brad raih 4 finis podium di musim itu dan catatkan posisi 6 klasemen akhir. Setelah para pesaing kuatnya macem Danny Kent, Miguel Oliveira dan Efren Vazquez naik ke Moto2, Brad jadi penguasa di kelas Moto3. Bayangkan aja, 7 balapan awal musim 2016 diselesaikan Brad dengan raihan 7 podium! Dia belum pernah sekalipun nggak masuk 3 besar sampe GP Katalunya. Dominasi Brad ini diramal bakal berakhir raihan gelar Juara Dunia menurut para pengamat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...