Langsung ke konten utama

Luis Leeds, pebalap Akademi Red Bull keturunan Indonesia


Belakangan ada kabar dari dunia balap mobil kalo di luar sana ada seorang pebalap yang turun di ajang internasional dan bawa bendera Indonesia. Orang jadi nanya-nanya, siapa sih pebalap yg satu ini?? Di tengah hegemoni kiprah Rio di F1 publik balap Indonesia makin heboh dengan kabar dari orang ini. Siapaa sih sebenernya??

Luis Leeds
Perkenalkan Luis Leeds, doi berusia 16 taun dari Melbourne, Australia. Cowok yang bernama lengkap Luis William Mahendra Leeds ini  mulai ikut balap di usia 11 taun, atau 2011 lalu. (di saat itu Batheki baru lulus SMK, eh kesebut deh hahaha) Di kejuaraan lokal dia ada di peringkat 6 kategori Tag Junior.
Luis balap gokart di taun 2013
Di usia yang masih belia Luis udah melanglangbuana di kejuaraan internasional. Taun kemaren sebelum GP Meksiko di Sirkuit Hermanos Rodriguez ada penyelenggaraan F4 Meksiko dan dia menangin balapan itu. Dia bahkan direkrut masuk Red Bull Junior Team, yang udah hasilkan banyak pebalap kelas dunia macem Jean-Eric Vergne, Sebastien Buemi, Daniil Kyvat, Daniel Ricciardo, sampe Max Verstappen.

pas ikut F4 Meksiko
Dean Leeds sang bapak bilang di setiap kali balapan, anaknya ngerasa mewakili baik Indonesia dan Australia di atas lintasan. Dia nambahin juga kalo Luis bangga dengan keindonesiaannya yang secara genetik diturunkan oleh Maria sang ibu yang berasal dari Jawa Timur. Meskipun secara resmi terdaftar sebagai pebalap Australia, Luis punya semangat Indonesia dalam dirinya. Buktinya doi cantumin Merah Putih di mobilnya. 2 jempol buat pebalap yang satu ini....

bukti cinta Luis ke Indonesia
Untuk taun ini, Luis turun di ajang MSA Formula 4 Championship. Doi main di tim Arden Motorsport. Di seri pertama di sirkuit Brands Hatch dia finis ke-6. Lalu di Donington Park, penyuka spaghetti bolognaise (spag bol) ini berhasil 2x finis runner-up. Salut deh ama pencapaiannya....
aksi Luis di Brands Hatch

sumber :
http://www.indoau.com/2016/04/bendera-merah-putih-terpasang-di-mobil.html
http://www.kabar-rantau.com/read/111/Hebatnya-Pembalap-Muda-Australia-keturunan-Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA : Bagian 2

Buat bagian 2 ini, Batheki mau kasih khusus seartikel tentang mobil-mobil terhebat yang pernah ada di F1. Bagian 1-nya ada di sini . Lotus 25 (1962-67) Pembuka sajian mobil-mobil balap terhebat di dunia ini datang dari dekade 1960an. Waktu itu mobil-mobil yang ada di F1 sama sekali belum kena sentuhan elektronik, masih mekanis semua sistem kerjanya. Dekade 1960an didominasi tim asal Inggris, Lotus. Pebalap terhebat mereka, Jim Clark raih 3x juara dunia. Gelar taun 1963 dan 1965 diraih dengan mobil Lotus 25. Lotus 25 sendiri adalah penyempurnaan dari varian 24. Mesin yang dipake mobil bersasis monokok aluminium ini yaitu Coventry Climax FWMV 1500cc V8 N/A. Tenaga maksimal mobil ini cuma 195hp tapi bobotnya ringan banget (450kg). 25 dirancang langsung sama sang pendiri merek dan tim Lotus, Colin Chapman.  Pertama kali mobil ini diturunin di ajang F1 adalah taun 1962. Mobil yang dipake Jim Clark ini nganterin dia menangin 14 GP di rentang waktu 1962-65. Jim bahk...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...