Langsung ke konten utama

HASIL LE MANS 2016 : KEJUTAN BESAR !!



Gelaran Le Mans 24 Jam yang ke-84 di sirkuit La Sarthe, Prancis berjalan ramai sekali. Dari empat kelas yang dilombain; LM P1, LM P2, LM GTE Pro dan LM GTE Am, perebutan gelar juara begitu sengit. 
 
podium Le Mans 2016
Dari kelas LMP1 posisi pole diisi mobil Porsche No. 2 (Neel Jani, Marc Lieb, Romain Dumas). Mobil Toyota GAZOO No. 5 (Kazuki Nakajima, Sebastien Buemi) berhasil ambil alih pimpinan lomba. Para pebalapnya terus menerus mimpin sampe di menit-menit akhir balapan. 
padahal udah lama pimpin lomba
Sayang seribu sayang, cuma 2 menit sebelum waktu habis, mobil Toyota TS050 yang lagi dibawa Kazuki Nakajima tiba-tiba mogok dan harus berhenti. Impian Toyota selama bertaun-taun buat juara Le Mans hancur dan mereka disusul Porsche No. 2. Para pendukung Toyota yang udah siap-siap selebrasi berubah jadi diem dan bungkam saat mobil No.5 berhenti. Sebaliknya para pendukung Porsche sorak sorai sambut kemenangan di taun ini. 
kemenangan tak terduga

Podium kelas LMP1 diisi juga Toyota GAZOO No. 6 (Stephane Sarrazin, Kamui Kobayashi, Mike Conway) di posisi 2 dan Audi No. 8 (Loic Duval, Lucas Di Grassi, Oliver Jarvis) di posisi 3 yang ketinggalan 9 lap dari Porsche No. 2.

Di kelas LMP2, mobil Signatech Alpine No. 36 (Nicolas Lapierre, Gustavo Menezes, Stephane Richelmi) jadi pemenang dengan total raihan 357 lap. Runner-up nya ada G-Drive Racing No. 26 (Roman Rusinov, Will Stevens, Rene Rast) 353 lap sama SMP Racing No. 37 (Vitaly Petrov, Viktor Shaitar, Kirill Ladygin) di posis tiga dengan 351 lap.
mobil juara LMP2
Ada kejutan besar dari kelas LMGTE Pro lewat tim Ford Chip Ganassi Team USA. Tim itu berhasil finis ke-1 dan 3 lewat mobil No. 68 (Joey Hand, Dirk Muller, Sebastien Bourdais) dan No. 69 (Ryan Briscoe, Richard Westbrook, Scott Dixon). Ini prestasi fenomenal soalnya pabrikan Ford baru balik lagi ikutan Le Mans setelah lama absen. Pabrikan dari Amerika Serikat itu andalin mobil Ford GT generasi baru. Peringkat dua diisi Risi Competizione No. 82 (Giancarlo Fisichella, Matteo Malucelli, Toni Vilander) yang pacu mobil baru Ferrari 488. Kesemua mobil di 3 besar udah tempuh 340 lap pas waktunya habis. 
Ford langsung juara dengan mobil baru
Lain lagi ama kelas LMGTE Amatir. Mobil Ferrari 458 Italia milik tim Scuderia Corsa No. 62 yang dipacu Bill Sweedler, Townsend Bell sama Jeff Segal jadi yang terbaik di kelas ini. Mereka sama posisi keduanya yang ditempatin mobil AF Corse No. 83 (Francois Perrodo, Emmanuel Colard, Rui Aguas) sampe 331 lap. Posisi ketiga jadi milik Abu Dhabi Proton Racing No. 88 (Khalid Al-Qubaisi, Patrick Long, David Heinemeier Hansson) yang jajal Porsche 911 RSR yang ketinggalan 1 lap doang dari posisi 1-2.

sumber : fanpage 24 Heures du Mans
/http://irishhub.biz/van-der-garde-we-can-take-lmp2-win-at-le-mans/
http://hanabi.autoweek.com/sites/default/files/styles/gen-932-524/public/_79P9255.jpg?itok=zCh4aNhs 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

TRAGEDI IMOLA 1994

poster GP Imola 1994 Jumat, 29 April 1994 Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Imola) Imola, Emilia-Romagna, Italia Pebalap bernomor start 14 itu melaju kencang dengan mobil Jordan-Hart-nya. Memasuki tikungan Variante Bassa dia terlalu cepat dan saat menginjak kerb, mobilnya terbang! Mobil Jordan itu terhempas ke tembok ban dan hancur. Beberapa kali mobil itu terguling-guling, sedangkan pebalapnya masih ada di dalamnya. Mobil naas itu berhenti, mendarat terbalik dan pebalapnya masih terjebak di dalamnya. Para petugas medis bergegas menyelamatkan pebalap no. 14 itu dan tak lama ia dibawa ke klinik sirkuit. Kemudian helikopter datang. Sang pebalap dirujuk ke rumah sakit Maggiore di Bologna lewat jalur udara. Itu kejadian yang menimpa Rubens Barrichello, pebalap Brasil yang lolos dari maut di Jumat pada sesi kualifikasi GP San Marino 1994. Rubinho, panggian akrabnya, menderita patah tulang hidung dan lengannya digips. Dia merasa beruntung masih bisa hidup setelah kecelakaan ...