Buat bagian 2 ini, Batheki mau
kasih khusus seartikel tentang mobil-mobil terhebat yang pernah ada di F1. Bagian 1-nya ada di sini .
Lotus 25 (1962-67)
Pembuka sajian mobil-mobil balap
terhebat di dunia ini datang dari dekade 1960an. Waktu itu mobil-mobil yang ada
di F1 sama sekali belum kena sentuhan elektronik, masih mekanis semua sistem
kerjanya. Dekade 1960an didominasi tim asal Inggris, Lotus. Pebalap terhebat
mereka, Jim Clark raih 3x juara dunia. Gelar taun 1963 dan 1965 diraih dengan
mobil Lotus 25.
Lotus 25 sendiri adalah
penyempurnaan dari varian 24. Mesin yang dipake mobil bersasis monokok
aluminium ini yaitu Coventry Climax FWMV 1500cc V8 N/A. Tenaga maksimal mobil ini cuma 195hp tapi bobotnya ringan
banget (450kg). 25 dirancang langsung sama sang pendiri merek dan tim Lotus,
Colin Chapman.
Pertama kali mobil ini diturunin
di ajang F1 adalah taun 1962. Mobil yang dipake Jim Clark ini nganterin dia
menangin 14 GP di rentang waktu 1962-65. Jim bahkan pernah 4x menang GP
berturut-turut di taun 1963. GP Belgia 1963 yang dirundung hujan mampu Jim
menangkan dengan jarak 5 menit dari peringkat ke-2 dan overlap semua lawannya. Di GP lainnya, GP Belanda, GP Prancis, dan
GP Meksiko Lotus 25 yang Jim kendarai pimpin semua lap dan nggak sama sekali
tersusul lawan-lawan. Di dunia balap, prestasi macem gini disebut grand slam atau grand chelem.
Dari 5 taun pemakaiannya di F1,
taun 1965 jadi terakhir kalinya 25 kompetitif di F1. Sang juara Jim Clark ganti
mobil itu dengan Lotus 33 dan 43, sedangkan pebalap yang masih pake 25 nggak
bisa sesukses Jim. Biarpun begitu Lotus 25 layak masuk daftar mobil F1 terbaik
di era 1960an.
Brawn GP BGP001 (2009)
Mobil yang satu ini bikin banyak
orang bertanya-tanya di awal kemunculannya, gimana bisa sih menang
terus-terusan? Jawabannya karena mobil ini buah persiapan matang Honda di taun
2008 tapi akhirnya diambil alih Ross Brawn akibat krisis. Jadilah Jenson Button
dan Rubens Barrichello pindah ke tim dadakan Ross Brawn yang dikasih nama Brawn
GP selepas Honda mundur dari F1.
Bermesinkan Mercedes-Benz V8 2,4
liter, mobil bertenanga sekitar 750-800hp ini sangat kompetitif bahkan
langganan juara. Aerodinamika mobil ini paling bagus di jamannya. Terbukti dari
7 balapan pertama, Jenson Button menang 6 diantaranya. Total mobil ini 7x
menang di 2009. Rubens Barrichello juga menang 2 balapan di taun ini. Mobil tim
lain macem Mclaren MP4/24 dan Ferrari F60 gagal kalahin BGP001 menuju tangga
juara dunia. Pemakaian double diffuser di BGP001 terbukti ampuh menangkan banyak balapan di musim 2009.
Ibarat numpang lewat, tim ini
muncul dari serpihan tim Honda dan menghilang gitu aja setelah Mercedes-Benz
akuisisi mereka. 2009 adalah musim pertama dan terakhir buat mobil BGP001 sekaligus Brawn
GP secara keseluruhan mentas di ajang F1. Tetep aja, cerita tentang mobil putih
bermotif coret hijau terang di hidungnya ini menangin banyak balapan jadi
kenangan yang nggak terlupakan di benak para pecinta F1.
Ferrari F2004 (2004-05)
Michael Schumacher bawa mobil F2004 |
Dominasi kuat Ferrari di awal
dekade 2000an nggak lepas dari prestasi gemilang Michael Schumacher yang juara
dunia 5x berturut-turut di taun 2000 sampe 2004. Nah, ngomongin taun 2004, ada
satu nama mobil yang jadi bintang sirkuit. Mobil itu adalah F2004.
Bermodal mesin V10 3000cc dan
tenaga besar (880-950 hp), mobil ini jadi salah satu yang tercepat di grid F1
taun 2004. Bukan cuma tenaga mesin, dari segala sisi mobil racikan trio Rory
Byrne, Aldo Costa dan Ross Brawn ini hampir gak bisa ditandingi. Aerodinamika
mumpuni ini syusyah diimbangi kehebatannya di atas lintasan.
dapur pacunya gan |
Michael Schumacher menangin 13
dari 18 balapan yang dipertandingkan di taun 2004 dan jadi juara dunia F1.
Rubens Barrichello, sang penunggang F2004 yg lain menang juga di Italia dan
Tiongkok. Total F2004 cuma kalah 3x dalam semusim. Penggunaannya diperpanjang
sampe dua seri pertama 2005 sebelum akhrinya diganti F2005 di balapan ketiga.
Sampe sekarang mobil F2004 diyakini sebagai mobil F1 terhebat di era modern.
Saking populernya, ajang balapan antar negara A1GP sampe pake cetak biru
mobilnya. Lewat kerjasama Ferrari-A1 semua mobil A1 di musim 2007-08
spesifikasinya bersumber dari F2004 yang disesuaikan.
Mclaren MP4/4 (1988)
Dari dekade 1980an, muncul satu
mobil yang jadi penguasa ajang F1. Mobil rancangan Steve Nichols yang dinamain
MP4/4 ini bukanlah sebuah mobil melainkan mobil edan hebat yang hampir gak bisa
kalah. Raungan mesin V6 1500cc dengan turbo dari Honda kedengerannya enak
banget di telinga, tenaganya juga sampe 800 bhp. Sadis banget.
Mclaren Honda P4/4 |
Tapi bukan soal mesin aja yang
jadi nilai eksotisme mobil ini. Prestasi pebalap-pebalap penunggangnya nggak
tersaingi sampe sekarang. Mendiang Ayrton Senna dan Alain Prost selalu di depan
bertarung satu lawan satu ninggalin yang lain. Mobil MP4/4 ini bikin mereka
jadi raja. Bayangin aja, dari 16 balapan F1 di taun 1988, Mclaren cuma kalah
sekali! (termasuk 15 pole position dari
16 balapan). Duet Senna-Prost bahkan catat 10x finis 1-2. Gelar juara dunia
1988 sendiri diraih Mendiang Senna. Sampe detik ini belum ada yang bisa samain
ataupun tandingin rekor gila Mclaren di 1988. Pencapaian ini juga sekaligus
bikin satu prestasi teknik tertinggi di dunia F1 oleh tim Mclaren.
Dijajal sang legenda Ayrton Senna |
Williams FW14B (1992)
Masih soal dominasi satu tim di
F1, kini datang dari taun 1992. Sebagai catatan waktu itu yang juara dunia
adalah Nigel Mansell dari Inggris. Mobil yang Beliau pake jadi mobil yang konon
katanya ngedahuluin jamannya. Williams FW14 bisa disebut mobil paling lengkap
di F1 saat itu. Mobil bermesin Renault V10 3,5 liter itu dimanfaatin dengan
brilian potensinya dari segala sisi. Anti-lock
braking (ABS), Suspensi aktif, transmisi semi-otomatis dan kontrol traksi
jadi paket yang bawa Williams menuju kejayaan.
Nigel Mansell 9x menang di 1992
dan temen setimnya Ricardo Patrese (Italia) menang di GP Jepang. Totalnya
Williams raih 20 tempat podium di taun itu, dan 6 kali mereka raih podium 1-2.
Riccardo Patrese dgn FW14B-nya |
Oh, iya hampir lupa. Perancang
mobil ini tak lain dan tak bukan Adrian Newey sang jenius asal Inggris pencipta
banyak mobil sukses. Selepas dari Williams dia nantinya bakal bikin lebih
banyak lagi mobil juara dunia di tim-tim lainnya.
Sumber :
wikipedia
http://www.conceptcarz.com/vehicle/default.aspx?carID=21644&i=2
https://everythingformula1.files.wordpress.com/2012/02/brawndiffuser.jpg
http://gearheads.org/the-8-greatest-formula-1-cars-2/
http://motorbase.s3.amazonaws.com/pictures/contributions/990913/std_1963_lotus_25_jim_clark.jpg
Komentar
Posting Komentar