Langsung ke konten utama

Berita Duka : Luis Salom Meninggal

Luis Jaime Salom Horrach


Sekali lagi dunia balap internasional berduka. Pebalap Moto2 asal Spanyol Luis Salom tewas dalam kecelakaan di sesi latihan Moto2 Katalunya di sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol. Pebalap bernomor start 39 itu jatoh di tikungan 12 dan sempat dapet perawatan dari tim medis. Tapi sayang jagoan tim SAG Racing nggak bisa diselamatkan. Di rumah sakit Luis Salom dinyatakan meninggal jam 16:55 waktu setempat akibat cedera parah yang dialaminya. Dia meninggal di usia 24 taun.


Luis Salom yang bernama lengkap Luis Jaime Salom Horrach pertama kali masuk ajang MotoGP di kelas 125cc taun 2009 dengan motor aprilia. Baru di taun 2010 dia dapet jatah semusim penuh dan berada di peringkat 12 klasemen akhir GP125cc. Taun 2011 jadi awal kebangkitan Luis, dia berhasil dapat 1 finis podium di GP Australia dan naik ke peringkat 8 klasemen akhir.
 
kemenangan pertama, GP Indianapolis 2012
Taun 2012 kelas 125cc diganti dengan Moto3 dan Luis gaung tim RW Racing dengan motor KTM bersasis Kalex. Dia berhasil menang di GP Indianapolis dan Aragon dan dapat tambahan lagi 6 finis podium. Meski sebenarnya Sandro Cortese yang jadi juara dunia, Luis berada di peringkat 2 klasemen. 

2013 dia pindah ke timnya Cortese, Red Bull KTM. Awal musim yang sangat impresif dengan 6 kemenangan dan terus pimpin klasemen sampai GP Australia. Sayang di GP Jepang dia ditabrak Isaac Vinales dan peluangnya jadi Juara Dunia pupus karena Maverick Vinales yang lebih konsisten menang. Luis masuk 3 besar Moto3 di taun itu.
 
kenangan bersama tim Pons
Selanjutnya Luis naik ke kelas moto2 setelah direkrut tim Paginas Amarillas HP 40 Pons. Setim dengan Maverick Vinales, dia kurang bisa tampil sebagus teman setimnya itu. Pemain yang berjuluk ‘El Mexicano’ ini cuma catat 2 x podium di Argentina dan Itali. Musim 2015 bahkan dia gagal naik podium.
Luis di taun 2016
Tim SAG menyelamatkan karirnya seiring digantinya dia sama Edgar Pons di tim Pons. Di balapan pertama di 2016, GP Qatar, Luis berhasil finis kedua. Dia cukup konsisten masuk finis poin biarpun timnya bisa dibilang kurang bagus. Dia diharapkan bisa meraih banyak poin buat tim asal Spanyol itu. Tapi apa boleh dikata, manusia hanya bisa berencana tapi Allah yang menentukan. Luis meninggal dalam kecelakaan di sirkuit di tanah airnya, sirkuit Barcelona-Catalunya Spanyol. Dugaan sementara Luis meninggal karena cedera parah saat ia jatuh dan terhempas ke tembok pembatas lalu terhantam motornya.
 
tindakan tim medis di lokasi kecelakaan
Kalau dirunut dari awal abad 21 atau dari 2000, sudah ada 4 pebalap kehilangan nyawanya di ajang balap motor dunia; Daijiro Kato (meninggal taun 2003), Shoya Tomizawa (2010), Marco Simoncelli (2011) dan Luis Salom (2016).

Sumber : http://a.fssta.com/content/dam/fsdigital/fscom/MOTORS/images/2016/06/03/060316_motor_salom_death_1.vadapt.664.high.79.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

TRAGEDI IMOLA 1994

poster GP Imola 1994 Jumat, 29 April 1994 Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Imola) Imola, Emilia-Romagna, Italia Pebalap bernomor start 14 itu melaju kencang dengan mobil Jordan-Hart-nya. Memasuki tikungan Variante Bassa dia terlalu cepat dan saat menginjak kerb, mobilnya terbang! Mobil Jordan itu terhempas ke tembok ban dan hancur. Beberapa kali mobil itu terguling-guling, sedangkan pebalapnya masih ada di dalamnya. Mobil naas itu berhenti, mendarat terbalik dan pebalapnya masih terjebak di dalamnya. Para petugas medis bergegas menyelamatkan pebalap no. 14 itu dan tak lama ia dibawa ke klinik sirkuit. Kemudian helikopter datang. Sang pebalap dirujuk ke rumah sakit Maggiore di Bologna lewat jalur udara. Itu kejadian yang menimpa Rubens Barrichello, pebalap Brasil yang lolos dari maut di Jumat pada sesi kualifikasi GP San Marino 1994. Rubinho, panggian akrabnya, menderita patah tulang hidung dan lengannya digips. Dia merasa beruntung masih bisa hidup setelah kecelakaan ...