Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 6 (GP Jerman 1976)

Maaf ya agan-agan pembaca setia baru keluar sekarang entri kilas balik Rush, banyak kesibukan nih 

Sirkuit Nurburgring
Nurburg, Jerman
1 Agustus 1976


Gelaran Formula 1 dilanjut lagi setelah libur tengah musim. Balapan kali ini digelar di sirkuit Nordschleife di daerah Nurburg, Jerman yang berbukit-bukit dan dikelilingi hutan. Oleh pebalap legendaris Inggris, Jackie Stewart, sirkuit ini disebut "Neraka Hijau" gara gara sulit ditaklukan. Dulunya banyak kejadian kecelakaan tragis di trek yang satu ini. 

Sebelum balapan Niki Lauda sang pemimpin klasemen sempet nggak setuju balapan digelar. Kondisi cuaca yang berubah-ubah dan resiko tinggi dianggapnya terlalu berbahaya. Pebalap lain dan panitia berunding tentang kelangsungan balapan. Juga sempet terjadi perdebatan di antara mereka. Akhirnya balapan tetep digelar setelah ada jajak pendapat di antara para pebalap

Balapan dimulai dengan cuaca basah. James Hunt yang start dari posisi pole diikuti Niki Lauda dan Jochen Mass. James sekali terkejar Jochen, rekan setimnya, tapi bisa rebut kembali posisi 1 darinya. Niki Lauda ngalamin kesulitan bawa mobilnya karena balapan dengan ban yang salah. 
Niki Lauda
Lap pertama yang kacau itu bikin banyak pebalap balik masuk pit buat ganti ban. Lap selanjutnya diwarnai salah satu kejadian paling mengerikan dan dramatis dalam sejarah F1. Niki Lauda yang geber kenceng mobilnya tiba-tiba melintir di tikungan ke kiri cepat sebelum tikungan Bergwerk. Mobilnya hajar tembok dalam kecepatan tinggi.

Biar lebih jelas liat aja ini kecelakaannya gan :

kalo ini yang aslinya

Niki Lauda terbakar selama 11 detik dengan panas sekira ratusan derajat Celcius. Dia ditolong beberapa pebalap yang ikut terlibat dalam kecelakaan itu; Brett Lunger asal AS, Guy Edwards (Inggris), dan Harald Erti (Austria). Seorang pebalap lain, Art Merzario, berhenti dari mobilnya buat tolongin Niki dari si jago merah. Berkat pertolongan 4 orang itu Niki bisa diselamatkan dari lubang jarum. Tim medis yang segera datang tangani Niki dengan bantuan para pebalap lain. Balapan akhirnya dihentikan.

Setelah semuanya beres balapan bisa lanjut lagi. James Hunt keluar sebagai juara GP Jerman 1976 di Nurburgring. Tapi semua perhatian tertuju ke Niki Lauda. Banyak yang khawatir akan kondisinya setelah musibah besar itu. Istrinya Niki, Marlena, harap-harap cemas apa yg terjadi ama suaminya.

Segitu dulu kilas balik Rush, sampai jumpa di bagian 7. dadaaahhhh.....

sumber gambar : 
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d4/LaudaNiki19760731Ferrari312T2.jpg
http://cdn3.volusion.com/fxkwo.pbtyd/v/vspfiles/photos/1976-German-GP-Original-Poster-3.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

TRAGEDI IMOLA 1994

poster GP Imola 1994 Jumat, 29 April 1994 Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Imola) Imola, Emilia-Romagna, Italia Pebalap bernomor start 14 itu melaju kencang dengan mobil Jordan-Hart-nya. Memasuki tikungan Variante Bassa dia terlalu cepat dan saat menginjak kerb, mobilnya terbang! Mobil Jordan itu terhempas ke tembok ban dan hancur. Beberapa kali mobil itu terguling-guling, sedangkan pebalapnya masih ada di dalamnya. Mobil naas itu berhenti, mendarat terbalik dan pebalapnya masih terjebak di dalamnya. Para petugas medis bergegas menyelamatkan pebalap no. 14 itu dan tak lama ia dibawa ke klinik sirkuit. Kemudian helikopter datang. Sang pebalap dirujuk ke rumah sakit Maggiore di Bologna lewat jalur udara. Itu kejadian yang menimpa Rubens Barrichello, pebalap Brasil yang lolos dari maut di Jumat pada sesi kualifikasi GP San Marino 1994. Rubinho, panggian akrabnya, menderita patah tulang hidung dan lengannya digips. Dia merasa beruntung masih bisa hidup setelah kecelakaan ...