Langsung ke konten utama

Para Juara Dunia yang Terlupakan

Buat para pebalap, motivasi bisa datang dari mana aja. Selain kecintaan akan dunia balap, mereka pengen jadi juara dunia. Setelah juara dunia, sebagian dari mereka mau pertahanin gelar atau pindah ke ajang lain buat cari tantangan baru. Tapi sayang, nggak semuanya bisa capai apa yang selanjutnya mereka mau, malah ada yang menurun prestasinya. Di sini gua mau ceritain beberapa pebalap juara dunia yang reputasinya menurun dan namanya terlupakan dari khalayak.


Mike di Meglio


Pebalap Prancis keturunan Itali ini pernah bersaing dengan pebalap-pebalap yang sekarang sukses besar macem Pol Espargaro, Jonas Folger, Tito Rabat, Scott Redding dan Marc Marquez. Mike udah ikut seri dunia sejak taun 2003 di kelas 125cc. Taun 2008 dia gabung tim unggulan waktu itu, tim Derbi Ajo yang juga diperkuat Pol Espargaro. Bersama tim yang udah lahirkan banyak pebalap top dunia itu Mike raih gelar dunia kelas 125cc. Ini gelar pebalap asal Prancis pertama setelah 8 taun puasa gelar.

Taun 2009 Mike naik kelas ke 250cc bareng tim Aspar, berduet ama Alvaro Bautista. Musim pertama nggak berjalan bagus buatnya. Kelas 250cc kemudian diganti dengan Moto2. Waktu itu semuanya baru, dan nggak ada istilah tim atau pebalap unggulan. Mike beberapa kali ganti tim dan ia nggak sekalipun raih podium atau menang selama ada di Moto2 (2010-2013) 

Setelah empat musim di Moto2 akhirnya dia diangkat tim MotoGP Avintia buat dipasangin ama Hector Barbera. Selama dua taun di sana (2014-15) dia cuma bisa di jajaran belakang. Taun 2016 dia diganti Loris Baz dan sampe sekarang dia jadi pebalap tes tim Aprilia.

Nico Terol


Nico termasuk pebalap yang cukup lama berkutat di ajang 125cc. Dia masuk kelas itu di taun 2004 sebagai wildcard, dan semusim penuh di taun berikutnya. Kemampuannya baru muncul di akhir dekade 2000an setelah gabung tim Jack Jones dan Aspar. Di usianya yang ke 23, Nico jadi juara dunia terakhir kelas 125cc di taun 2011, soalnya di taun berikutnya kelas Moto3 ganti kelas itu.

Taun berikutnya Nico naik ke kelas Moto2 dan masih bersama tim Aspar. Selang setaun, dia berhasil menang pertama kali di kelas itu di GP AS di sirkuit COTA, Austin, Texas. Selain itu dia juga menang dua kali lagi di taun itu dan masuk 5 besar Moto2 2013. Musim 2014 berjalan buruk buat pemuda asal kota Alcoy, Spanyol itu. Kiprah tim Aspar emang nggak bagus di saat itu, selain karena sasis Suter udah kalah bersaing dengan sasis Kalex. Nico juga kena imbasnya; malah dia cuma dapet 2 poin dan terdampar di posisi 28 klasemen.

Nico kemudian nyebrang ke ajang WSBK. Bersama tim Althea Ducati penampilannya nggak memuaskan, bahkan mundur di pertengahan musim. Selanjutnya dia turun kelas ke Supersport dan berhasil sekali naik podium. Musim 2016 dia direkrut MV Agusta Reparto Corse dan gagal bersaing sampe akhirnya dilepas di akhir musim. Pada Februari 2017 Nico umumkan mundur dari ajang Supersport, dan rencananya siap turun di kejuaraan baru MotoE 2019.

Sandro Cortese


Alessandro Cortese atau yang lebih dikenal dengan Sandro Cortese pernah ngerasain manisnya jadi pebalap terbaik di masanya. Pebalap keturunan Itali (sama kayak Di Meglio, bedanya dia berpaspor Jerman) malang melintang di berbagai tim GP125, sebelum akhirnya pindah ke KTM di taun 2012 yang juga taun pertama buat Moto3. Bersama tim unggulan ini Sandro berhasil jadi juara dunia pertama kelas Moto3. Ini gelar pertama pebalap Jerman setelah bertaun-taun lamanya sejak era Toni Mang.

Sandro buka karirnya di kelas moto2 di taun 2013. Pebalap yang suka pake nomer 11 ini gabung di tim Dynavolt Intact sampe 2017. Banyak orang bilang dia terlalu lama di tim itu yang bikin dia susah berkembang. Sandro memang belum pernah sekalipun menang dan lebih sering finis di jajaran tengah. Jarang dia merangsek ke 5 besar, sekalipun ada kesempatan dia gagal menang. Sebagian orang mungkin lupa dia pernah raih gelar dunia kelas Moto3 lima taun lalu, meskipun akhirnya dia bisa raih lagi gelar Juara Dunia setelah pindah ke World Supersport di 2018.

Sylvain Guintoli




Nama Sylvain Guintoli curi perhatian pemirsa MotoGP di taun 2007. Sylvain yang waktu itu di tim Yamaha Dunlop sempet mimpin balapan GP Le Mans yang hujan, padahal dia naik motor yang relatif nggak bagus. Sayangnya dia sempet kepleset dan finis ke-10 setelah bangkit lagi. Jauh sebelum itu, Sylvain pernah jajal ganasnya motor balap Yamaha 2-tak di kelas GP500 taun 2001 dan cukup lama turun di kelas 250cc dengan motor Aprilia.

Sylvain promosi ke kelas MotoGP taun 2007 dan bertarung di kelas itu selama dua musim. Masuk taun 2009 Sylvain hijrah ke ajang British Superbike (BSB) dan turun di satu ronde Superbike Dunia (WSBK). Dia baru dapet kesempatan turun semusim penuh di WSBK saat gabung tim Suzuki di 2010. Bakat balap sesungguhnya baru dibuktiin pas dia jajal Ducati dan Aprilia. Di tim yang terakhir disebut dia raih gelar juara dunia taun 2014 setelah berhasil unggulin tim Kawasaki yang kuat. Honda dan Yamaha pernah rekrut pebalap asal Montelimar, Prancis ini tapi performanya menurun drastis.

Sylvain akhirnya balik lagi ke ajang BSB. Karena dia dikontrak pabrikan Suzuki, dia juga sempet gantiin Alex Rins yang cedera di tim MotoGP. Kiprahnya di MotoGP setelah 10 taun absen biasa-biasa aja, cuma sekali dapet poin di GP Prancis.


sumber video : youtube.com/WorldSBK 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...