Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 8 (GP Belanda 1976)



29 Agustus 1976
Sirkuit Zandvoort, Belanda

Ini balapan kedua Niki Lauda yang nggak dihadirinya akibat kecelakaan di Nurburgring. Itu artinya James Hunt sekali lagi setelah di GP Austria balap tanpa gangguan dari Niki Lauda dan berusaha manfaatin absennya Niki demi kejar perolehan poinnya

cuplikan balapan GP Belanda dari film Rush

James Hunt berhasil jadi yang terbaik di balapan ini. Dia unggul atas Clay Regazzoni (rekan setim Niki Lauda) dan ada Mario Andretti asal Amerika Serikat di posisi 3. Ini keempat kalinya James menang balapan setelah hasil di GP Inggris dianulir. Berkat hasil ini James terus pangkas selisih poinnya dengan Lauda.


5 besar GP Belanda 1976 : (berdasarkan film)

1.       1. James Hunt

2.       2. Clay Regazzoni

3.       3. Mario Andretti

4.       4. Tom Pryce

5.       5. Jody Scheckter


Niki Lauda sendiri masih ngeringkuk di rumah sakit di Austria sambil nonton balapan itu dari TV. Dia sempet ada di masa kritis akibat kecelakaan di GP Jerman. Kondisinya terus membaik setelah paru-parunya divakum buat ngeluarin abu yg terhirup atau kotoran. Di rumah sakit istri Niki, Marlena, setia nungguin sang suami jalani perawatan.

adegan vakum paru-paru
Ada salah satu adegan paling romantis di film ini. Niki berusaha pake helm lagi di dalem rumah sakit, padahal kepalanya masih diperban. Sang istri, Marlena, sempet larang, tapi dijawab begini sama Niki :


“Kalau kamu cinta aku, kamu nggak bakal larang aku.”


Niki akhirnya bisa pake helm meskipun ngerasa sakit saat nyobainnya. Dia bertekad kuat bisa balapan lagi nanti.

sumber : film "Rush" (2013) karya Ron Howard

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...