Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 9 (GP Itali 1976)



Intro : nggak kerasa kita udah deket bagian-bagian terakhir dari seri Kilas Balik Rush. Tinggal ada 2 lagi (sama ini) cerita yang belum terkisahkan. Batheki mau ucapin “Selamat membaca !”

12 September 1976
Autodromo Nazionale Monza
Monza, Itali

Sirkuit bersejarah Monza jadi tempat digelarnya GP Itali musim ini. Di sini banyak sekali fan Ferrari dari segala umur; tua muda semuanya hadir di trek yang cepat ini. Tribun-tribun penonton dihiasi warna merah pakaian para tifosi Ferrari dan sebagian bahkan ada yang sampe jebol dan naiki papan reklame/sponsor supaya bisa nonton balapan.

Berita besar datang dari kubu Ferrari; jagoan mereka Niki Lauda balap lagi! Setelah 4 minggu jalani perawatan akibat kecelakaan di GP Jerman, dia siap balik lagi jajal mobil Ferrari andalannya. Di sesi konferensi pers Niki bilang pemulihannya berjalan secara terangsur-angsur. Salah seorang penanya ngasih pertanyaan yang singgung kehidupan pribadinya dan beres sesi itu dia langsung dihajar James Hunt di ruangan kosong.
si "Tikus" sudah kembali!

Balapan di Monza kali ini nggak Niki awali dengan baik. Dia disusul banyak pebalap lain di lap pertama. Salah seorang komentator bahkan sebut dia terlalu cepet bailk balapan lagi. Biar begitu, Niki bisa kembali lagi ke performa terbaiknya setelah beberapa saat. Dia hampir terlibat kecelakaan dengan pebalap lain di satu tikungan tapi bisa menghindar.

kesialan James Hunt
James Hunt gagal finis; mobilnya mogok di tengah lomba. Yang jadi pemenang itu Ronnie Petersson tapi semua perhatian tertuju ke Niki Lauda. Si jagoan Ferrari ini finis ke-4 di balapan pertamanya setelah kecelakaan ngeri di GP Jerman. Para penonton dari tribun langsung turun ke trek yang terlebih dahulu kosong usai balapan dan sambut meriah Niki di parc ferme

Dengan hasil ini, perebutan gelar juara dunia 1976 makin seru dan panas hingga seri selanjutnya. Yang mana yang bakal juara; Niki atau James? Tunggu di GP Jepang Oktober nanti!

sumber : film "Rush" (2013) karya Roh Howard 
http://www.racingsportscars.com/covers/_Monza-1976-09-12.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Para Pebalap Muda Berbakat Calon Juara (bagian 4)

Langsung aja yaaaaa.... Lando Norris Cowok kelahiran 13 November 1999 ini diyakini sebagai calon penerus Lewis Hamilton atau Jenson Button, atau harapan masa depan Inggris di dunia balap mobil. Karir balapan single seater-nya dimulai di taun 2014 di ajang Ginetta F4. Taun selanjutnya Lando ikut ajang F4 di tiga negara, Inggris, Itali dan di Eropa. Doi jadi juara MSA Formula, yang sekarang lebih dikenal sebagai F4 Inggris. Taun 2016 jadi taun tersuksesnya sejauh ini di dunia balap. Cowok asal Bristol, Inggris ini juara 3 ajang; MRF Challenge musim 2015/16, Eurocup Formula Renault 2,0, dan Formula Renault 2,0 NEC. Pencapaian hebatnya ini diganjar dua penghargaan sekaligus, gelar Mclaren Autosport BRDC, dan Autosport British Club Driver of The Year 2016.  Bakat luar biasa Lando sampe ke telinga Mclaren F1, yang rekrut dia jadi anggota pembalap tes dan masuk program pengembangan pebalap mudanya. Di ajang F3 Eropa taun ini dia tampil konsisten dan sering menang hingga akh...

Ketatnya MotoGP 2016

Baru setengah jalan musim 2016 ajang MotoGP kita para penontonnya udah disuguhin aksi-aksi yang luar biasa. Persaingan dari jajaran depan tengah sama belakang sekarang udah merata. Para pebalap saling mengalahkan, yang dari depan bisa ke belakang, yang tengah bisa ganggu yang di depan dan yang jurkun bisa nyodok ke tengah bahkan sampe menang!    Marc Marquez calon juara dunia 2016 7 balapan pertama emang didominasi tiga pebalap top saat ini; Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi. Masing-masing dari mereka udah ngerasain enaknya jadi juara dan gedeknya sial di kandang sendiri. Mereka saling mengalahkan di setiap balapannya. Kalo disebut kemenangan yang sensasional ya GP Mugello pas Jorge Lorenzo menang dengan jarak cuma sejengkal (dalam arti sebenernya) dan di GP Jerez saat Rossi terus di depan dari awal lomba.   Andrea Dovizioso Tim Ducati punya potensi besar lewat motor GP16 mereka. Aerodinamikanya kuat, trus motornya cepet. Sayangnya...