Langsung ke konten utama

Para Pembalap Muda Berbakat Calon Bintang Sirkuit (bagian 6)

Nggak kerasa udah 5 taun sejak pertama kali gua bikin entri tentang para pembalap mobil dan pembalap motor yang berbakat. Gua akan terus bikin daftar ini sebisa gua, tiap taun ke taun, tapi mulai 2019 ini ada pembaruan. Judulnya gua ganti biar lebih menarik dan oke!

Luca Marini


Luca adalah adik dari juara dunia 9x MotoGP Valentino Rossi (saudara seibu). Dia pertama kali turun di ajang MotoGP kelas Moto2 taun 2016. Pembalap yang suka pake nomor start 10 ini jalani debutnya di tim Forward Racing, sebelum pindah ke SKY VR46 milik kakaknya di taun 2018. Di taun itu juga dia catat kemenangan pertamanya di GP Sepang, dan di taun 2019 dia tambah 2 lagi kemenangan di Buriram dan Motegi.  

Dari taun ke taun di Moto2 prestasinya terus meningkat dan nggak lagi sekedar pembalap yang "adiknya Rossi", tapi memang punya bakat tersendiri. Buat taun 2020 rasanya Luca udah bisa bersaing di jajaran depan Moto2, atau bahkan suatu saat nanti bisa lawan kakaknya sendiri di kelas MotoGP. 

Alex Albon

Pembalap blasteran Thailand-Inggris yang bela Thailand ini mulai jadi bahan perbincangan waktu dia dinaikkin ke Red Bull dari Toro Rosso di pertengahan musim 2019. Performa Pierre Gasly yang agak mengecewakan seakan ditutupi konsistennya Alex di 5 besar sebagai penggantinya. 

Diliat dari rekam jejak karirnya, Alex memang belum pernah juara di ajang single-seater, pencapaian terbaiknya Formula 2 itu peringkat 3 klasemen 2018. Tapi begitu masuk F1 dia langsung bisa tampil oke dan bahkan konsisten. 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

TRAGEDI IMOLA 1994

poster GP Imola 1994 Jumat, 29 April 1994 Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Imola) Imola, Emilia-Romagna, Italia Pebalap bernomor start 14 itu melaju kencang dengan mobil Jordan-Hart-nya. Memasuki tikungan Variante Bassa dia terlalu cepat dan saat menginjak kerb, mobilnya terbang! Mobil Jordan itu terhempas ke tembok ban dan hancur. Beberapa kali mobil itu terguling-guling, sedangkan pebalapnya masih ada di dalamnya. Mobil naas itu berhenti, mendarat terbalik dan pebalapnya masih terjebak di dalamnya. Para petugas medis bergegas menyelamatkan pebalap no. 14 itu dan tak lama ia dibawa ke klinik sirkuit. Kemudian helikopter datang. Sang pebalap dirujuk ke rumah sakit Maggiore di Bologna lewat jalur udara. Itu kejadian yang menimpa Rubens Barrichello, pebalap Brasil yang lolos dari maut di Jumat pada sesi kualifikasi GP San Marino 1994. Rubinho, panggian akrabnya, menderita patah tulang hidung dan lengannya digips. Dia merasa beruntung masih bisa hidup setelah kecelakaan ...