Langsung ke konten utama

Daftar Tim dan Pembalap F1 2016 : Bagian 2

Bagian pertama rangkaian entri ini bisa disimak di sini.

RENAULT
Mobil : Renault RS16
Pembalap : #20 Kevin Magnussen (Denmark), #30 Jolyon Palmer (Inggris)


Renault akhirnya balik lagi ke dunia F1 sebagai tim pabrikan setelah absen 4 taun. Terakhir kali mereka ikut di rentang waktu 2002-11, dengan raihan 2x juara dunia pembalap (Fernando Alonso di taun 2005-06). Renault beli tim Lotus-Renault milik Genii Capital yg kena masalah keuangan dan bahkan dijual seharga 1 Poundsterling aja. Tim yang pertama kali masuk F1 di taun 1979 ini menjadi pesaing kuat di papan tengah F1 2016.

Jolyon (kiri) dan Kevin (kanan)
Soal pembalap, mereka tunjuk Kevin Magnussen (23) dan Jolyon Palmer (25). Kevin sendiri baru ikut balap lagi secara reguler sejak 2014 setelah terdepak dari Mclaren taun lalu. Posisinya waktu itu diganti Fernando Alonso. Anak pembalap era 80an Jan Magnussen ini siap buktiin kalo dia pembalap yang hebat. Untuk Jolyon, doi berlatarbelakang juara GP2 2014. Taun lalu dia jad test driver tim Lotus yang akhirnya dijual ke Renault. Ini bakal jadi musim pertama buat cowok asal Inggris ini. Kemampuannya patut diperhitungkan juga nih....

SCUDERIA TORO ROSSO
Mobil : STR11
Pembalap : #55 Carlos Sainz Jr. (Spanyol), #33 Max Verstappen (Belanda)


Tim dengan jajaran pembalap termuda di F1 (jumlah usia pembalap; 40 taun) saat ini bisa disebut adiknya tim Red Bull TAG karena dimiliki juga perusahaan minuman asal Austria itu. Mulai musim ini mereka nggak bakal pake mesin Renault lagi, tapi balikan ama Ferrari yang dulu pernah pasok mereka mesin di taun-taun pertamanya di F1.

Max (kiri) dan Carlos (kanan)
Carlos Sainz (22), putra pereli kenamaan Spanyol Carlos Sainz Sr. memasuki musim keduanya di hajatan balap Formula 1. Begitu juga dengan Max Verstappen (18) anak Jos Verstappen pembalap F1 era 1990an, yang masuk F1 di taun 2015 -sebagai pembalap termuda sepanjang sejarah dalam usia 17 taun. Darah muda para pembalapnya bikin tim ini bergairah dan ambisinya kuat buat raih kesuksesan.


SAUBER
Mobil : Sauber C35
Pembalap : #12 Felipe Nasr (Brasil), #9 Marcus Ericsson (Swedia)

Mobil Sauber C35

Sauber, tim asal Swiss yang perjalanannya di F1 berlika-liku. Di era 2011-12 mereka sempet nyodok papan tengah dan bahkan bisa naik podium. 2013 mulai terkejar tim lain dan di 2014 jadi juru kunci klasemen konstruktor gara-gara gagal ngoleksi satupun poin. Barulah di 2015, tim milik Peter Sauber ini bisa ngumpulin poin lagi. Tim yg berdiri di taun 1993 ini sempet vakum di dunia F1 era 2007-09.

Marcus (kiri) sama Felipe (kanan)
Dari sektor joki mobil C35 mereka, ada Felipe Nasr (23) dan Marcus Ericsson (25). Nasr, yg punya keturunan Arab pernah jadi juara Formula 3 Inggris taun 2011. Marcus Ericsson sendiri menjalani musim ketiganya di F1 sejak ikut pertama kali taun 2014 bareng tim Caterham yg udah bubar. 

MCLAREN HONDA
Mobil : Mclaren MP4-31
Pembalap : #14 Fernando Alonso (Spanyol), #22 Jenson Button (Inggris)


Ini dia tim favorit yang bikin orang bertanya-tanya di taun 2015 kemaren. Mclaren yang balik lagi pake mesin Honda sejak terakhir taun 1995 malah kedodoran dan bahkan sempet beberapa kali jadi juru kunci di balapan. Performa mobil MP4-30 mereka jelek dan gagal bersaing. Kalo ditarik kebelakang sejarahnya, di era 1980an-1992 duet Mclaren-Honda jadi yang paling mahsyur, sukses dan ditakuti, dengan total 7x juara dunia pembalap. Duet Ayrton Senna dan Alain Prost pencapaiannya gak bisa diulang Button-Alonso taun kemaren.

duet Juara Dunia dgn total 3 gelar (Alonso 2, Button 1)

Taun sekarang jadi pembuktian buat mereka kalo mereka bisa balik lagi jadi tim yang kompetitif. Masalah mesin Honda taun kemaren nampaknya udah ada penyelesaiannya. Duet juara dunia Fernando Alonso (35) dan Jenson Button (36) siap ngasih ancaman. Tim asal Inggris ini cukup bagus catatan waktunya di sesi latihan pramusim, yang berarti mereka udah perbaiki masalah-masalah taun kemaren. Bisa nggak ya, mereka kompetitif lagi?

HAAS F1 team
Mobil : VF-16 
Pembalap : #8 Romain Grosjean (Prancis), #21 Esteban Gutierrez (Meksiko)

keren kaann??? VF16 bermesin Ferrari

Mungkin ada yg nggak tau, tim apa ini ya? Maklum, karena tim ini baru berdiri dan taun 2016 bakal jadi taun pertama mereka di kancah jet darat F1. Tim asal Amerika Serikat ini pake mesin Ferrari dan namain mobil mereka VF, singkatan dari 'very first' atau 'perdana'. Nama Haas sendiri di kampungnya sana terkenal akan sejarahnya di ajang NASCAR sama Indycar. Ini jadi tim F1 asal Amerika pertama dalam 30 taun setelah tim lain yang namanya sama, Haas, tapi nggak ada hubungannya sama sekali ama Haas yang sekarang ini.

Esteban (kiri) ama Romain (kanan)

Romain Grosjean (30) didaulat jadi pembalap mereka. Pengalamannya bersama Renault selama bertaun-taun, atau tepatnya 2009, dan 2012-15 jadi modal utama tim Haas dalam ramaikan persaingan. Dia ditemenin Esteban Gutierrez (24) yang sebelumnya pernah main di tim Sauber taun 2012-14 dan sempet jadi test driver Scuderia Ferrari taun lalu. Esteban pernah jadi juara GP3 taun 2010 sebelum akhirnya masuk F1.

MANOR RACING
Mobil : MRT05
Pembalap : #88 Rio Haryanto (Indonesia), #94 Pascal Wehrlein (Jerman)



Tim Manor Racing punya cerita panjang soal asal-usulnya. Taun 2010, mereka daftar buat masuk F1 dan diterima. Tapi, mereka diambil alih perusahaan Virgin dan timnya ganti nama jadi itu. Taun 2012 ganti lagi jadi Marussia setelah pabrikan mobil Rusia itu bersedia beli tim asal Inggris itu. Jadilah tim ini berbendera Rusia. Karena krisis keuangan dan pebalapnya, Jules Bianchi kecelakaan parah, tim ini terseok-seok dan akhirnya dijual. Di taun 2015 pihak Manor akuisisi tim Marussia dan akhirnya bisa berlaga di F1. Jules akhirnya meninggal taun lalu setelah 9 bulan koma akibat kecelaaan di GP Jepang 2014.  


Rio Haryanto (23) direkrut tim Manor sebagai pembalap mereka buat musim 2016 ini. Doi jadi pembalap Indonesia pertama yg masuk F1 sepanjang sejarah, dan yg ke-3 dari Asean. Sebelumnya, ada Pascal Wehrlein (21) yang dapetin 1 kursi balap di tim asal Inggris ini. Pascal direkrut atas permintaan Mercedes yg udah masok Manor mesin Mercedes PU106C Hybrid bikinan mereka. Dia datang ke F1 sebagai juara seri balap turing Jerman DTM taun 2015.


Patut dinanti nih, aksi ke-22 pembalap di F1 musim ini yang digelar di 21 balapan. Pasti seru, menegangkan yaaa... Gak usah berlama-lama, SELAMAT DATANG DI F1 MUSIM 2016!!!!!!!

sumber : Fanpage Sauber, Mclaren, Toro Rosso, Manor, Haas, dan Renault, motorsport.com, f1fanatic.co.uk, sports.sindonews.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

TRAGEDI IMOLA 1994

poster GP Imola 1994 Jumat, 29 April 1994 Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Imola) Imola, Emilia-Romagna, Italia Pebalap bernomor start 14 itu melaju kencang dengan mobil Jordan-Hart-nya. Memasuki tikungan Variante Bassa dia terlalu cepat dan saat menginjak kerb, mobilnya terbang! Mobil Jordan itu terhempas ke tembok ban dan hancur. Beberapa kali mobil itu terguling-guling, sedangkan pebalapnya masih ada di dalamnya. Mobil naas itu berhenti, mendarat terbalik dan pebalapnya masih terjebak di dalamnya. Para petugas medis bergegas menyelamatkan pebalap no. 14 itu dan tak lama ia dibawa ke klinik sirkuit. Kemudian helikopter datang. Sang pebalap dirujuk ke rumah sakit Maggiore di Bologna lewat jalur udara. Itu kejadian yang menimpa Rubens Barrichello, pebalap Brasil yang lolos dari maut di Jumat pada sesi kualifikasi GP San Marino 1994. Rubinho, panggian akrabnya, menderita patah tulang hidung dan lengannya digips. Dia merasa beruntung masih bisa hidup setelah kecelakaan ...