Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 1 (GP Brasil 1976)

Halo semua balik lagi sama batheki dalam entri terbaru yang bakal ngebahas musim F1 1976. 

Seperti kita ketahui taun 2013 lalu ada film bertemakan balapan F1 yg judulnya Rush dibintangi Chris Hemsworth sama Daniel Bruehl juga Alexandra Maria Lara dan Olivia Wilde. Film ini cukup sukses di pasaran dan tentu bikin seneng siapapun yang suka F1. Persaingan menuju gelar juara dunia Formula Satu di taun 1976 antara James Hunt (Hemsworth) dan Niki Lauda (Bruehl) secara impresif disajikan sutradara kenamaan Ron Howard dalam film ini.

James Hunt (kiri, Hemsworth) sama Niki Lauda (kanan, Bruehl)

Berhubung taun sekarang, 2016, bertepatan dengan 40 taun musim F1 1976, Balaptekhi.blogspot bakal ceritain satu-persatu balapan yang ada di film Rush sesuai kejadiannya. Ini juga sekaligus nyegerin ingatan temen-temen tentang kejadian di filmnya. Dari GP Brasil (balapan pertama, 25 januari) sampe GP Jepang (balapan penutup, 25 Oktober) Balaptekhi.blogspot bakal jelasin satu-satu sepanjang taun ini, Asiiiikkkkk !!!

25 Januari 1976, Sao Paulo, Brasil 

Musim baru Formula Satu baru aja dimulai. Sirkuit Interlagos menjadi arena persaingan pertama di taun 1976 ini. Sirkuit ini masih pake rute lama yang total panjang lintasannya sampai 7,98 km. Niki Lauda datang ke Brasil sebagai Juara Dunia bertahan dengan Ferrari-nya. Sedangkan pebalap Inggris James Hunt baru bergabung dengan tim McLaren, setelah dua musim dengan tim Hesketh. Hunt gantiin Emerson Fittipaldi yang pindah ke tim Copersucar. 

Kedua pebalap begitu pengen ngalahkan satu sama lain. James ngerasa di taun sebelumnya dia kurang beruntung dan siap membalas kekalahan di taun 1976 ini. Lauda juga siap bertarung di atas lintasan, juga pebalap lainnya.

Ada dialog Niki dengan James sebelum balapan di film Rush...

cuplikan adegan GP Brasil di film "Rush"

James : New Car... (Mobil baru)
Niki : I notice (aku tau)
James : Pole position
Niki : I notice that too (aku juga tau itu)
James : Level playing field, you my little ratty friend (sekarang kita sudah seimbang, dasar kau teman tikusku)
Niki : Let's see where we are in 5 laps time (kita cari tau sampai mana kita dalam 5 lap ke depan)
let's see where we are in 10 races time (kita cari tau sampai mana kita dalam 10 balapan kedepan)

Udah gitu balapan mulai...
start GP Brasil 1976

Hasil akhir : 
1. Niki Lauda (Austria) (Ferrari) 
2. Patrick Depailler (Prancis) (Tyrrell-Ford) 
3. Tom Pyrce (Inggris) (Shadow-Ford)

James Hunt alami kerusakan mesin pd mobilnya, gagal finis

Sekian dulu review F1 taun 1976 nya. Tunggu Maret nanti buat ulasan selanjutnya ttg GP Afrika Selatan....

 
sumber : contosdaf1.files.wordpress.com, rodrigomattardotcom.files.wordpress.com, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

TRAGEDI IMOLA 1994

poster GP Imola 1994 Jumat, 29 April 1994 Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Imola) Imola, Emilia-Romagna, Italia Pebalap bernomor start 14 itu melaju kencang dengan mobil Jordan-Hart-nya. Memasuki tikungan Variante Bassa dia terlalu cepat dan saat menginjak kerb, mobilnya terbang! Mobil Jordan itu terhempas ke tembok ban dan hancur. Beberapa kali mobil itu terguling-guling, sedangkan pebalapnya masih ada di dalamnya. Mobil naas itu berhenti, mendarat terbalik dan pebalapnya masih terjebak di dalamnya. Para petugas medis bergegas menyelamatkan pebalap no. 14 itu dan tak lama ia dibawa ke klinik sirkuit. Kemudian helikopter datang. Sang pebalap dirujuk ke rumah sakit Maggiore di Bologna lewat jalur udara. Itu kejadian yang menimpa Rubens Barrichello, pebalap Brasil yang lolos dari maut di Jumat pada sesi kualifikasi GP San Marino 1994. Rubinho, panggian akrabnya, menderita patah tulang hidung dan lengannya digips. Dia merasa beruntung masih bisa hidup setelah kecelakaan ...