Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 1 (GP Brasil 1976)

Halo semua balik lagi sama batheki dalam entri terbaru yang bakal ngebahas musim F1 1976. 

Seperti kita ketahui taun 2013 lalu ada film bertemakan balapan F1 yg judulnya Rush dibintangi Chris Hemsworth sama Daniel Bruehl juga Alexandra Maria Lara dan Olivia Wilde. Film ini cukup sukses di pasaran dan tentu bikin seneng siapapun yang suka F1. Persaingan menuju gelar juara dunia Formula Satu di taun 1976 antara James Hunt (Hemsworth) dan Niki Lauda (Bruehl) secara impresif disajikan sutradara kenamaan Ron Howard dalam film ini.

James Hunt (kiri, Hemsworth) sama Niki Lauda (kanan, Bruehl)

Berhubung taun sekarang, 2016, bertepatan dengan 40 taun musim F1 1976, Balaptekhi.blogspot bakal ceritain satu-persatu balapan yang ada di film Rush sesuai kejadiannya. Ini juga sekaligus nyegerin ingatan temen-temen tentang kejadian di filmnya. Dari GP Brasil (balapan pertama, 25 januari) sampe GP Jepang (balapan penutup, 25 Oktober) Balaptekhi.blogspot bakal jelasin satu-satu sepanjang taun ini, Asiiiikkkkk !!!

25 Januari 1976, Sao Paulo, Brasil 

Musim baru Formula Satu baru aja dimulai. Sirkuit Interlagos menjadi arena persaingan pertama di taun 1976 ini. Sirkuit ini masih pake rute lama yang total panjang lintasannya sampai 7,98 km. Niki Lauda datang ke Brasil sebagai Juara Dunia bertahan dengan Ferrari-nya. Sedangkan pebalap Inggris James Hunt baru bergabung dengan tim McLaren, setelah dua musim dengan tim Hesketh. Hunt gantiin Emerson Fittipaldi yang pindah ke tim Copersucar. 

Kedua pebalap begitu pengen ngalahkan satu sama lain. James ngerasa di taun sebelumnya dia kurang beruntung dan siap membalas kekalahan di taun 1976 ini. Lauda juga siap bertarung di atas lintasan, juga pebalap lainnya.

Ada dialog Niki dengan James sebelum balapan di film Rush...

cuplikan adegan GP Brasil di film "Rush"

James : New Car... (Mobil baru)
Niki : I notice (aku tau)
James : Pole position
Niki : I notice that too (aku juga tau itu)
James : Level playing field, you my little ratty friend (sekarang kita sudah seimbang, dasar kau teman tikusku)
Niki : Let's see where we are in 5 laps time (kita cari tau sampai mana kita dalam 5 lap ke depan)
let's see where we are in 10 races time (kita cari tau sampai mana kita dalam 10 balapan kedepan)

Udah gitu balapan mulai...
start GP Brasil 1976

Hasil akhir : 
1. Niki Lauda (Austria) (Ferrari) 
2. Patrick Depailler (Prancis) (Tyrrell-Ford) 
3. Tom Pyrce (Inggris) (Shadow-Ford)

James Hunt alami kerusakan mesin pd mobilnya, gagal finis

Sekian dulu review F1 taun 1976 nya. Tunggu Maret nanti buat ulasan selanjutnya ttg GP Afrika Selatan....

 
sumber : contosdaf1.files.wordpress.com, rodrigomattardotcom.files.wordpress.com, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA : Bagian 2

Buat bagian 2 ini, Batheki mau kasih khusus seartikel tentang mobil-mobil terhebat yang pernah ada di F1. Bagian 1-nya ada di sini . Lotus 25 (1962-67) Pembuka sajian mobil-mobil balap terhebat di dunia ini datang dari dekade 1960an. Waktu itu mobil-mobil yang ada di F1 sama sekali belum kena sentuhan elektronik, masih mekanis semua sistem kerjanya. Dekade 1960an didominasi tim asal Inggris, Lotus. Pebalap terhebat mereka, Jim Clark raih 3x juara dunia. Gelar taun 1963 dan 1965 diraih dengan mobil Lotus 25. Lotus 25 sendiri adalah penyempurnaan dari varian 24. Mesin yang dipake mobil bersasis monokok aluminium ini yaitu Coventry Climax FWMV 1500cc V8 N/A. Tenaga maksimal mobil ini cuma 195hp tapi bobotnya ringan banget (450kg). 25 dirancang langsung sama sang pendiri merek dan tim Lotus, Colin Chapman.  Pertama kali mobil ini diturunin di ajang F1 adalah taun 1962. Mobil yang dipake Jim Clark ini nganterin dia menangin 14 GP di rentang waktu 1962-65. Jim bahk...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...