Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 6 (GP Jerman 1976)

Maaf ya agan-agan pembaca setia baru keluar sekarang entri kilas balik Rush, banyak kesibukan nih 

Sirkuit Nurburgring
Nurburg, Jerman
1 Agustus 1976


Gelaran Formula 1 dilanjut lagi setelah libur tengah musim. Balapan kali ini digelar di sirkuit Nordschleife di daerah Nurburg, Jerman yang berbukit-bukit dan dikelilingi hutan. Oleh pebalap legendaris Inggris, Jackie Stewart, sirkuit ini disebut "Neraka Hijau" gara gara sulit ditaklukan. Dulunya banyak kejadian kecelakaan tragis di trek yang satu ini. 

Sebelum balapan Niki Lauda sang pemimpin klasemen sempet nggak setuju balapan digelar. Kondisi cuaca yang berubah-ubah dan resiko tinggi dianggapnya terlalu berbahaya. Pebalap lain dan panitia berunding tentang kelangsungan balapan. Juga sempet terjadi perdebatan di antara mereka. Akhirnya balapan tetep digelar setelah ada jajak pendapat di antara para pebalap

Balapan dimulai dengan cuaca basah. James Hunt yang start dari posisi pole diikuti Niki Lauda dan Jochen Mass. James sekali terkejar Jochen, rekan setimnya, tapi bisa rebut kembali posisi 1 darinya. Niki Lauda ngalamin kesulitan bawa mobilnya karena balapan dengan ban yang salah. 
Niki Lauda
Lap pertama yang kacau itu bikin banyak pebalap balik masuk pit buat ganti ban. Lap selanjutnya diwarnai salah satu kejadian paling mengerikan dan dramatis dalam sejarah F1. Niki Lauda yang geber kenceng mobilnya tiba-tiba melintir di tikungan ke kiri cepat sebelum tikungan Bergwerk. Mobilnya hajar tembok dalam kecepatan tinggi.

Biar lebih jelas liat aja ini kecelakaannya gan :

kalo ini yang aslinya

Niki Lauda terbakar selama 11 detik dengan panas sekira ratusan derajat Celcius. Dia ditolong beberapa pebalap yang ikut terlibat dalam kecelakaan itu; Brett Lunger asal AS, Guy Edwards (Inggris), dan Harald Erti (Austria). Seorang pebalap lain, Art Merzario, berhenti dari mobilnya buat tolongin Niki dari si jago merah. Berkat pertolongan 4 orang itu Niki bisa diselamatkan dari lubang jarum. Tim medis yang segera datang tangani Niki dengan bantuan para pebalap lain. Balapan akhirnya dihentikan.

Setelah semuanya beres balapan bisa lanjut lagi. James Hunt keluar sebagai juara GP Jerman 1976 di Nurburgring. Tapi semua perhatian tertuju ke Niki Lauda. Banyak yang khawatir akan kondisinya setelah musibah besar itu. Istrinya Niki, Marlena, harap-harap cemas apa yg terjadi ama suaminya.

Segitu dulu kilas balik Rush, sampai jumpa di bagian 7. dadaaahhhh.....

sumber gambar : 
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d4/LaudaNiki19760731Ferrari312T2.jpg
http://cdn3.volusion.com/fxkwo.pbtyd/v/vspfiles/photos/1976-German-GP-Original-Poster-3.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

Ketatnya MotoGP 2016

Baru setengah jalan musim 2016 ajang MotoGP kita para penontonnya udah disuguhin aksi-aksi yang luar biasa. Persaingan dari jajaran depan tengah sama belakang sekarang udah merata. Para pebalap saling mengalahkan, yang dari depan bisa ke belakang, yang tengah bisa ganggu yang di depan dan yang jurkun bisa nyodok ke tengah bahkan sampe menang!    Marc Marquez calon juara dunia 2016 7 balapan pertama emang didominasi tiga pebalap top saat ini; Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi. Masing-masing dari mereka udah ngerasain enaknya jadi juara dan gedeknya sial di kandang sendiri. Mereka saling mengalahkan di setiap balapannya. Kalo disebut kemenangan yang sensasional ya GP Mugello pas Jorge Lorenzo menang dengan jarak cuma sejengkal (dalam arti sebenernya) dan di GP Jerez saat Rossi terus di depan dari awal lomba.   Andrea Dovizioso Tim Ducati punya potensi besar lewat motor GP16 mereka. Aerodinamikanya kuat, trus motornya cepet. Sayangnya...