Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 6 (GP Jerman 1976)

Maaf ya agan-agan pembaca setia baru keluar sekarang entri kilas balik Rush, banyak kesibukan nih 

Sirkuit Nurburgring
Nurburg, Jerman
1 Agustus 1976


Gelaran Formula 1 dilanjut lagi setelah libur tengah musim. Balapan kali ini digelar di sirkuit Nordschleife di daerah Nurburg, Jerman yang berbukit-bukit dan dikelilingi hutan. Oleh pebalap legendaris Inggris, Jackie Stewart, sirkuit ini disebut "Neraka Hijau" gara gara sulit ditaklukan. Dulunya banyak kejadian kecelakaan tragis di trek yang satu ini. 

Sebelum balapan Niki Lauda sang pemimpin klasemen sempet nggak setuju balapan digelar. Kondisi cuaca yang berubah-ubah dan resiko tinggi dianggapnya terlalu berbahaya. Pebalap lain dan panitia berunding tentang kelangsungan balapan. Juga sempet terjadi perdebatan di antara mereka. Akhirnya balapan tetep digelar setelah ada jajak pendapat di antara para pebalap

Balapan dimulai dengan cuaca basah. James Hunt yang start dari posisi pole diikuti Niki Lauda dan Jochen Mass. James sekali terkejar Jochen, rekan setimnya, tapi bisa rebut kembali posisi 1 darinya. Niki Lauda ngalamin kesulitan bawa mobilnya karena balapan dengan ban yang salah. 
Niki Lauda
Lap pertama yang kacau itu bikin banyak pebalap balik masuk pit buat ganti ban. Lap selanjutnya diwarnai salah satu kejadian paling mengerikan dan dramatis dalam sejarah F1. Niki Lauda yang geber kenceng mobilnya tiba-tiba melintir di tikungan ke kiri cepat sebelum tikungan Bergwerk. Mobilnya hajar tembok dalam kecepatan tinggi.

Biar lebih jelas liat aja ini kecelakaannya gan :

kalo ini yang aslinya

Niki Lauda terbakar selama 11 detik dengan panas sekira ratusan derajat Celcius. Dia ditolong beberapa pebalap yang ikut terlibat dalam kecelakaan itu; Brett Lunger asal AS, Guy Edwards (Inggris), dan Harald Erti (Austria). Seorang pebalap lain, Art Merzario, berhenti dari mobilnya buat tolongin Niki dari si jago merah. Berkat pertolongan 4 orang itu Niki bisa diselamatkan dari lubang jarum. Tim medis yang segera datang tangani Niki dengan bantuan para pebalap lain. Balapan akhirnya dihentikan.

Setelah semuanya beres balapan bisa lanjut lagi. James Hunt keluar sebagai juara GP Jerman 1976 di Nurburgring. Tapi semua perhatian tertuju ke Niki Lauda. Banyak yang khawatir akan kondisinya setelah musibah besar itu. Istrinya Niki, Marlena, harap-harap cemas apa yg terjadi ama suaminya.

Segitu dulu kilas balik Rush, sampai jumpa di bagian 7. dadaaahhhh.....

sumber gambar : 
https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/d/d4/LaudaNiki19760731Ferrari312T2.jpg
http://cdn3.volusion.com/fxkwo.pbtyd/v/vspfiles/photos/1976-German-GP-Original-Poster-3.jpg

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...