Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjang |
Mobil hantu di Suzuka
Pada 4 Mei 1963, balapan Grand
Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini
juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen
nonton aksi para pebalap di balapan ini.
Diantara para pebalap yang paling
dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna
putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu
kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang
kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu,
dia cuma anggap kebetulan aja.
Di awal-awal lomba Masao unggul
dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan
cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao
sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng.
Gara-gara kecelakaan itu JAF
(Japanese Automobile Federation / Federasi Mobil Jepang) ngelarang pemakaian
no. 42 di semua balapan di Jepang, mobil atau motor sampe sekarang.
Taun besoknya, Grand Prix Jepang
diadain lagi di sirkuit Suzuka. 150,000 orang rame-rame nonton balapan yang
kali ini lebih heboh daripada balapan yang taun 1963. Dua tim pengawas lomba
ditugasin buat catet waktu mobil-mobil yang lewat garis finis dan nantinya
disuruh cocokin catatan waktu di akhir lomba.
Karena nggak ada sempet cek satu
persatu, pengawas lomba cuma bisa liat nomer mobil yang lewat garis finis.
Setelah catetan balap dicek, ternyata ada mobil putih no. 42 yang ngitarin
sirkuit 8 lap dari 25 yang dilombain, begitu juga dari catetan lap beres
lomba...
Apa iya Masao jadi hantu trus
pengen beresin balapan terakhirnya? Sampe sekarang nggak ada yang bisa jelasin
misteri ini ttg mobilnya, atau orangnya. Nah lho.
sumber : http://www.f1technical.net/forum/viewtopic.php?p=98767&f=1
http://utpenglishcourse.blogspot.com/2012/07/ghost-car-42.html
Komentar
Posting Komentar