Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 3 (GP Spanyol 1976)


2 Mei 1976
Sirkuit Permanen Jarama
Madrid, Spanyol


Balapan ke-4 musim ini jadi yang pertama di antara balapan-balapan di Eropa di kalender F1 1976. Niki Lauda memulai musim ini dengan sangat baik. Dia dua kali menang, satu di GP Brasil dan satu lagi di GP Afsel. Pesaing utamanya James Hunt bahkan baru bisa finis sekali di GP Afsel (kedua). Sang pebalap Mclaren bertekad kejar ketertinggalan dari Niki yang memacu mobil Ferrari yang udah dua kali menang balapan.
James (11) bersaing lawan Niki (1)

Seperti udah ketebak, terjadi pertarungan sengit di atas lintasan antara Niki dan James. James yang memulai balapan dari pole position sempat disusul Niki. Di pertengahan lomba, James bisa rebut posisi 1 dan terus memimpin sampe selesai. Niki finis kedua di balapan itu. Ini jadi kemenangan pertama James di taun 1976.
 
James di GP Spanyol 1976
podium GP Spanyol 1976 (film Rush)
Seusai lomba, para pengawas lomba dan panitia melakukan pengecekan rutin pada mobil-mobil yang sudah finis. Ini bertujuan untuk mengetahui keadaan mobil setelah finis dan memeriksa legalitas mobil. Setelah dilakukan, panitia menemukan mobil Mclaren M23 milik James terlalu lebar dari peraturan. Kemenangan James di GP Spanyol dianggap hangus atau didiskualifikasi. Tentu pihak Mclaren kecewa. Beres balapan itu mereka langsung banding dan ubah mobil M23 jadi lebih sempit.
protes tim Mclaren ke panitia di film Rush
Di film Rush, tampak banget James kecewa dan nganggap Ferrari bersekongkol dibalik diskualifikasinya. Tuduhan ini dibantah Niki dan dia bilang “kau menganggapku curang tapi kau sendiri melanggar aturan, menyedihkan sekali.” Balapan selanjutnya GP Belgia di sirkuit Zolder. Sampe jumpa di Kilas Balik Rush bagian 4 !!


Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...