Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 3 (GP Spanyol 1976)


2 Mei 1976
Sirkuit Permanen Jarama
Madrid, Spanyol


Balapan ke-4 musim ini jadi yang pertama di antara balapan-balapan di Eropa di kalender F1 1976. Niki Lauda memulai musim ini dengan sangat baik. Dia dua kali menang, satu di GP Brasil dan satu lagi di GP Afsel. Pesaing utamanya James Hunt bahkan baru bisa finis sekali di GP Afsel (kedua). Sang pebalap Mclaren bertekad kejar ketertinggalan dari Niki yang memacu mobil Ferrari yang udah dua kali menang balapan.
James (11) bersaing lawan Niki (1)

Seperti udah ketebak, terjadi pertarungan sengit di atas lintasan antara Niki dan James. James yang memulai balapan dari pole position sempat disusul Niki. Di pertengahan lomba, James bisa rebut posisi 1 dan terus memimpin sampe selesai. Niki finis kedua di balapan itu. Ini jadi kemenangan pertama James di taun 1976.
 
James di GP Spanyol 1976
podium GP Spanyol 1976 (film Rush)
Seusai lomba, para pengawas lomba dan panitia melakukan pengecekan rutin pada mobil-mobil yang sudah finis. Ini bertujuan untuk mengetahui keadaan mobil setelah finis dan memeriksa legalitas mobil. Setelah dilakukan, panitia menemukan mobil Mclaren M23 milik James terlalu lebar dari peraturan. Kemenangan James di GP Spanyol dianggap hangus atau didiskualifikasi. Tentu pihak Mclaren kecewa. Beres balapan itu mereka langsung banding dan ubah mobil M23 jadi lebih sempit.
protes tim Mclaren ke panitia di film Rush
Di film Rush, tampak banget James kecewa dan nganggap Ferrari bersekongkol dibalik diskualifikasinya. Tuduhan ini dibantah Niki dan dia bilang “kau menganggapku curang tapi kau sendiri melanggar aturan, menyedihkan sekali.” Balapan selanjutnya GP Belgia di sirkuit Zolder. Sampe jumpa di Kilas Balik Rush bagian 4 !!


Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

Ketatnya MotoGP 2016

Baru setengah jalan musim 2016 ajang MotoGP kita para penontonnya udah disuguhin aksi-aksi yang luar biasa. Persaingan dari jajaran depan tengah sama belakang sekarang udah merata. Para pebalap saling mengalahkan, yang dari depan bisa ke belakang, yang tengah bisa ganggu yang di depan dan yang jurkun bisa nyodok ke tengah bahkan sampe menang!    Marc Marquez calon juara dunia 2016 7 balapan pertama emang didominasi tiga pebalap top saat ini; Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi. Masing-masing dari mereka udah ngerasain enaknya jadi juara dan gedeknya sial di kandang sendiri. Mereka saling mengalahkan di setiap balapannya. Kalo disebut kemenangan yang sensasional ya GP Mugello pas Jorge Lorenzo menang dengan jarak cuma sejengkal (dalam arti sebenernya) dan di GP Jerez saat Rossi terus di depan dari awal lomba.   Andrea Dovizioso Tim Ducati punya potensi besar lewat motor GP16 mereka. Aerodinamikanya kuat, trus motornya cepet. Sayangnya...