Langsung ke konten utama

KILAS BALIK RUSH : Bagian 1 (GP Brasil 1976)

Halo semua balik lagi sama batheki dalam entri terbaru yang bakal ngebahas musim F1 1976. 

Seperti kita ketahui taun 2013 lalu ada film bertemakan balapan F1 yg judulnya Rush dibintangi Chris Hemsworth sama Daniel Bruehl juga Alexandra Maria Lara dan Olivia Wilde. Film ini cukup sukses di pasaran dan tentu bikin seneng siapapun yang suka F1. Persaingan menuju gelar juara dunia Formula Satu di taun 1976 antara James Hunt (Hemsworth) dan Niki Lauda (Bruehl) secara impresif disajikan sutradara kenamaan Ron Howard dalam film ini.

James Hunt (kiri, Hemsworth) sama Niki Lauda (kanan, Bruehl)

Berhubung taun sekarang, 2016, bertepatan dengan 40 taun musim F1 1976, Balaptekhi.blogspot bakal ceritain satu-persatu balapan yang ada di film Rush sesuai kejadiannya. Ini juga sekaligus nyegerin ingatan temen-temen tentang kejadian di filmnya. Dari GP Brasil (balapan pertama, 25 januari) sampe GP Jepang (balapan penutup, 25 Oktober) Balaptekhi.blogspot bakal jelasin satu-satu sepanjang taun ini, Asiiiikkkkk !!!

25 Januari 1976, Sao Paulo, Brasil 

Musim baru Formula Satu baru aja dimulai. Sirkuit Interlagos menjadi arena persaingan pertama di taun 1976 ini. Sirkuit ini masih pake rute lama yang total panjang lintasannya sampai 7,98 km. Niki Lauda datang ke Brasil sebagai Juara Dunia bertahan dengan Ferrari-nya. Sedangkan pebalap Inggris James Hunt baru bergabung dengan tim McLaren, setelah dua musim dengan tim Hesketh. Hunt gantiin Emerson Fittipaldi yang pindah ke tim Copersucar. 

Kedua pebalap begitu pengen ngalahkan satu sama lain. James ngerasa di taun sebelumnya dia kurang beruntung dan siap membalas kekalahan di taun 1976 ini. Lauda juga siap bertarung di atas lintasan, juga pebalap lainnya.

Ada dialog Niki dengan James sebelum balapan di film Rush...

cuplikan adegan GP Brasil di film "Rush"

James : New Car... (Mobil baru)
Niki : I notice (aku tau)
James : Pole position
Niki : I notice that too (aku juga tau itu)
James : Level playing field, you my little ratty friend (sekarang kita sudah seimbang, dasar kau teman tikusku)
Niki : Let's see where we are in 5 laps time (kita cari tau sampai mana kita dalam 5 lap ke depan)
let's see where we are in 10 races time (kita cari tau sampai mana kita dalam 10 balapan kedepan)

Udah gitu balapan mulai...
start GP Brasil 1976

Hasil akhir : 
1. Niki Lauda (Austria) (Ferrari) 
2. Patrick Depailler (Prancis) (Tyrrell-Ford) 
3. Tom Pyrce (Inggris) (Shadow-Ford)

James Hunt alami kerusakan mesin pd mobilnya, gagal finis

Sekian dulu review F1 taun 1976 nya. Tunggu Maret nanti buat ulasan selanjutnya ttg GP Afrika Selatan....

 
sumber : contosdaf1.files.wordpress.com, rodrigomattardotcom.files.wordpress.com, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Para Pebalap Muda Berbakat Calon Juara (bagian 4)

Langsung aja yaaaaa.... Lando Norris Cowok kelahiran 13 November 1999 ini diyakini sebagai calon penerus Lewis Hamilton atau Jenson Button, atau harapan masa depan Inggris di dunia balap mobil. Karir balapan single seater-nya dimulai di taun 2014 di ajang Ginetta F4. Taun selanjutnya Lando ikut ajang F4 di tiga negara, Inggris, Itali dan di Eropa. Doi jadi juara MSA Formula, yang sekarang lebih dikenal sebagai F4 Inggris. Taun 2016 jadi taun tersuksesnya sejauh ini di dunia balap. Cowok asal Bristol, Inggris ini juara 3 ajang; MRF Challenge musim 2015/16, Eurocup Formula Renault 2,0, dan Formula Renault 2,0 NEC. Pencapaian hebatnya ini diganjar dua penghargaan sekaligus, gelar Mclaren Autosport BRDC, dan Autosport British Club Driver of The Year 2016.  Bakat luar biasa Lando sampe ke telinga Mclaren F1, yang rekrut dia jadi anggota pembalap tes dan masuk program pengembangan pebalap mudanya. Di ajang F3 Eropa taun ini dia tampil konsisten dan sering menang hingga akh...

Ketatnya MotoGP 2016

Baru setengah jalan musim 2016 ajang MotoGP kita para penontonnya udah disuguhin aksi-aksi yang luar biasa. Persaingan dari jajaran depan tengah sama belakang sekarang udah merata. Para pebalap saling mengalahkan, yang dari depan bisa ke belakang, yang tengah bisa ganggu yang di depan dan yang jurkun bisa nyodok ke tengah bahkan sampe menang!    Marc Marquez calon juara dunia 2016 7 balapan pertama emang didominasi tiga pebalap top saat ini; Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi. Masing-masing dari mereka udah ngerasain enaknya jadi juara dan gedeknya sial di kandang sendiri. Mereka saling mengalahkan di setiap balapannya. Kalo disebut kemenangan yang sensasional ya GP Mugello pas Jorge Lorenzo menang dengan jarak cuma sejengkal (dalam arti sebenernya) dan di GP Jerez saat Rossi terus di depan dari awal lomba.   Andrea Dovizioso Tim Ducati punya potensi besar lewat motor GP16 mereka. Aerodinamikanya kuat, trus motornya cepet. Sayangnya...