Langsung ke konten utama

SERBA TERAKHIR DI GP VALENCIA 2015

Ternyata gelaran MotoGP Valencia Minggu kemaren jadi kesempatan terakhir buat beberapa pembalap, tim dan hal lainnya yang udah lama 

Di kelas MotoGP balapan di Valencia kemaren jadi perpisahan buat Nicky Hayden yang mulai taun 2016 main di Superbike bareng ti PATA Honda Superbike. Nicky udah berkecimpung di jagad MotoGP sejakk 2003 dan jadi juara dunia di taun 2006 di sirkuit Valencia juga. Dia pernah gabung tim Ducati dari 2009 sampe 2013 dan tim Aspar 2014-15. Nicky juga dinobatkan sebagai Legenda di MotoGP atas prestasi sama sumbangsihnya majuin dunia balap di Amerika sana.

foto bareng tim
Tim Cardion AB Motoracing juga pamit dari MotoGP karena mulai taun depan mereka pindah jalur ke Superbike. Belum jelas mau pake motor apa di sana. Timnya Karel Abraham ini turunin Ant West krn Karel Abraham lagi cedera
Karel Abraham


ditunggangin Ant West
Selain itu tim Forward Racing juga bakal ikut Cardion AB ke WSBK. Biar begitu tim Moto2nya tetep ikut Moto2 musim depan.

Pemasok ban Bridgestone undur diri dari MotoGP setelah 8 taun jadi pemasok tunggal resmi ban kelas MotoGP. Michelin siap gantiin produsen ban dari Jepang itu.

Di kelas Moto2 tim JiR juga pamit dari ajang balap motor dunia. Pembalap mereka Randy Krummenacher siap main di World Supersport. Belum pasti tim JiR mau ikut kompetisi apa atau mau bubar aja. 

Sekedar catatan tim JiR dulu dikenal sebagai tim Juara 250cc 2009 dgn pembalapnya Hiroshi Aoyama. Beberapa pembalap terkenal pernah gabung tim ini macem Alex De Angelis (2011), Andrea Dovizioso (2008) Yuki Takahashi di 250cc (2008), Shinya Nakano (2006), dan lainnya.

JiR tim pertama Dovi di MotoGP
aksi Aoyama di taun 2009, nantinya juara dunia
balapan terakhir JiR dgn Randy Krummenacher
sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA : Bagian 2

Buat bagian 2 ini, Batheki mau kasih khusus seartikel tentang mobil-mobil terhebat yang pernah ada di F1. Bagian 1-nya ada di sini . Lotus 25 (1962-67) Pembuka sajian mobil-mobil balap terhebat di dunia ini datang dari dekade 1960an. Waktu itu mobil-mobil yang ada di F1 sama sekali belum kena sentuhan elektronik, masih mekanis semua sistem kerjanya. Dekade 1960an didominasi tim asal Inggris, Lotus. Pebalap terhebat mereka, Jim Clark raih 3x juara dunia. Gelar taun 1963 dan 1965 diraih dengan mobil Lotus 25. Lotus 25 sendiri adalah penyempurnaan dari varian 24. Mesin yang dipake mobil bersasis monokok aluminium ini yaitu Coventry Climax FWMV 1500cc V8 N/A. Tenaga maksimal mobil ini cuma 195hp tapi bobotnya ringan banget (450kg). 25 dirancang langsung sama sang pendiri merek dan tim Lotus, Colin Chapman.  Pertama kali mobil ini diturunin di ajang F1 adalah taun 1962. Mobil yang dipake Jim Clark ini nganterin dia menangin 14 GP di rentang waktu 1962-65. Jim bahk...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...