Langsung ke konten utama

SERBA TERAKHIR DI GP VALENCIA 2015

Ternyata gelaran MotoGP Valencia Minggu kemaren jadi kesempatan terakhir buat beberapa pembalap, tim dan hal lainnya yang udah lama 

Di kelas MotoGP balapan di Valencia kemaren jadi perpisahan buat Nicky Hayden yang mulai taun 2016 main di Superbike bareng ti PATA Honda Superbike. Nicky udah berkecimpung di jagad MotoGP sejakk 2003 dan jadi juara dunia di taun 2006 di sirkuit Valencia juga. Dia pernah gabung tim Ducati dari 2009 sampe 2013 dan tim Aspar 2014-15. Nicky juga dinobatkan sebagai Legenda di MotoGP atas prestasi sama sumbangsihnya majuin dunia balap di Amerika sana.

foto bareng tim
Tim Cardion AB Motoracing juga pamit dari MotoGP karena mulai taun depan mereka pindah jalur ke Superbike. Belum jelas mau pake motor apa di sana. Timnya Karel Abraham ini turunin Ant West krn Karel Abraham lagi cedera
Karel Abraham


ditunggangin Ant West
Selain itu tim Forward Racing juga bakal ikut Cardion AB ke WSBK. Biar begitu tim Moto2nya tetep ikut Moto2 musim depan.

Pemasok ban Bridgestone undur diri dari MotoGP setelah 8 taun jadi pemasok tunggal resmi ban kelas MotoGP. Michelin siap gantiin produsen ban dari Jepang itu.

Di kelas Moto2 tim JiR juga pamit dari ajang balap motor dunia. Pembalap mereka Randy Krummenacher siap main di World Supersport. Belum pasti tim JiR mau ikut kompetisi apa atau mau bubar aja. 

Sekedar catatan tim JiR dulu dikenal sebagai tim Juara 250cc 2009 dgn pembalapnya Hiroshi Aoyama. Beberapa pembalap terkenal pernah gabung tim ini macem Alex De Angelis (2011), Andrea Dovizioso (2008) Yuki Takahashi di 250cc (2008), Shinya Nakano (2006), dan lainnya.

JiR tim pertama Dovi di MotoGP
aksi Aoyama di taun 2009, nantinya juara dunia
balapan terakhir JiR dgn Randy Krummenacher
sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

TRAGEDI IMOLA 1994

poster GP Imola 1994 Jumat, 29 April 1994 Autodromo Enzo e Dino Ferrari (Imola) Imola, Emilia-Romagna, Italia Pebalap bernomor start 14 itu melaju kencang dengan mobil Jordan-Hart-nya. Memasuki tikungan Variante Bassa dia terlalu cepat dan saat menginjak kerb, mobilnya terbang! Mobil Jordan itu terhempas ke tembok ban dan hancur. Beberapa kali mobil itu terguling-guling, sedangkan pebalapnya masih ada di dalamnya. Mobil naas itu berhenti, mendarat terbalik dan pebalapnya masih terjebak di dalamnya. Para petugas medis bergegas menyelamatkan pebalap no. 14 itu dan tak lama ia dibawa ke klinik sirkuit. Kemudian helikopter datang. Sang pebalap dirujuk ke rumah sakit Maggiore di Bologna lewat jalur udara. Itu kejadian yang menimpa Rubens Barrichello, pebalap Brasil yang lolos dari maut di Jumat pada sesi kualifikasi GP San Marino 1994. Rubinho, panggian akrabnya, menderita patah tulang hidung dan lengannya digips. Dia merasa beruntung masih bisa hidup setelah kecelakaan ...