Langsung ke konten utama

SERBA TERAKHIR DI GP VALENCIA 2015

Ternyata gelaran MotoGP Valencia Minggu kemaren jadi kesempatan terakhir buat beberapa pembalap, tim dan hal lainnya yang udah lama 

Di kelas MotoGP balapan di Valencia kemaren jadi perpisahan buat Nicky Hayden yang mulai taun 2016 main di Superbike bareng ti PATA Honda Superbike. Nicky udah berkecimpung di jagad MotoGP sejakk 2003 dan jadi juara dunia di taun 2006 di sirkuit Valencia juga. Dia pernah gabung tim Ducati dari 2009 sampe 2013 dan tim Aspar 2014-15. Nicky juga dinobatkan sebagai Legenda di MotoGP atas prestasi sama sumbangsihnya majuin dunia balap di Amerika sana.

foto bareng tim
Tim Cardion AB Motoracing juga pamit dari MotoGP karena mulai taun depan mereka pindah jalur ke Superbike. Belum jelas mau pake motor apa di sana. Timnya Karel Abraham ini turunin Ant West krn Karel Abraham lagi cedera
Karel Abraham


ditunggangin Ant West
Selain itu tim Forward Racing juga bakal ikut Cardion AB ke WSBK. Biar begitu tim Moto2nya tetep ikut Moto2 musim depan.

Pemasok ban Bridgestone undur diri dari MotoGP setelah 8 taun jadi pemasok tunggal resmi ban kelas MotoGP. Michelin siap gantiin produsen ban dari Jepang itu.

Di kelas Moto2 tim JiR juga pamit dari ajang balap motor dunia. Pembalap mereka Randy Krummenacher siap main di World Supersport. Belum pasti tim JiR mau ikut kompetisi apa atau mau bubar aja. 

Sekedar catatan tim JiR dulu dikenal sebagai tim Juara 250cc 2009 dgn pembalapnya Hiroshi Aoyama. Beberapa pembalap terkenal pernah gabung tim ini macem Alex De Angelis (2011), Andrea Dovizioso (2008) Yuki Takahashi di 250cc (2008), Shinya Nakano (2006), dan lainnya.

JiR tim pertama Dovi di MotoGP
aksi Aoyama di taun 2009, nantinya juara dunia
balapan terakhir JiR dgn Randy Krummenacher
sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Pebalap MotoGP yang Pernah Sukses Besar Di Usia Muda

Ketemu lagi sama Batheki di entri yang baru ini. Kita cari tau siapa aja pebalap MotoGP yang raih kesuksesan besar di usia 20 taun. Ini diitung juga dari jaman GP125cc dan GP250cc. Manuel Poggiali Pebalap asal San Marino yang kini udah berusia 33 taun mulai ikut seri balap motor dunia di taun 1999 dengan motor aprilia. Dua taun kemudian, di umur 18 taun, dia berhasil jadi juara dunia GP125cc bersama tim Gilera. Taun 2003 Manuel naik ke kelas GP250cc, direkrut tim aprilia. Penampilannya luar biasa; langsung bawa pulang gelar Juara Dunia GP250cc di musim pertamanya. Sebelumnya ada Tetsuya Harada yang jadi Juara Dunia di kesempatan pertamanya di taun 1993. juara musim 2003 Sayangnya cuma sampe situ aja kemampuan primanya keluar. Taun 2004 dia cuma 3x naik podium, bahkan sempet turun kelas ke GP125cc di taun 2005. Doi pernah banting stang jadi pemain futsal dan masuk timnas San Marino di 2011. Manuel akhirnya balik lagi ke dunia balap di taun 2013-14, ikut ajang...

Ketatnya MotoGP 2016

Baru setengah jalan musim 2016 ajang MotoGP kita para penontonnya udah disuguhin aksi-aksi yang luar biasa. Persaingan dari jajaran depan tengah sama belakang sekarang udah merata. Para pebalap saling mengalahkan, yang dari depan bisa ke belakang, yang tengah bisa ganggu yang di depan dan yang jurkun bisa nyodok ke tengah bahkan sampe menang!    Marc Marquez calon juara dunia 2016 7 balapan pertama emang didominasi tiga pebalap top saat ini; Jorge Lorenzo, Marc Marquez dan Valentino Rossi. Masing-masing dari mereka udah ngerasain enaknya jadi juara dan gedeknya sial di kandang sendiri. Mereka saling mengalahkan di setiap balapannya. Kalo disebut kemenangan yang sensasional ya GP Mugello pas Jorge Lorenzo menang dengan jarak cuma sejengkal (dalam arti sebenernya) dan di GP Jerez saat Rossi terus di depan dari awal lomba.   Andrea Dovizioso Tim Ducati punya potensi besar lewat motor GP16 mereka. Aerodinamikanya kuat, trus motornya cepet. Sayangnya...