Langsung ke konten utama

Kenalin Nih... Para pebalap cewe (bagian 3)



Entri ini yang pertama dari blog balaptekhi.blogpspot.com yang bakal ngelanjutin semua entri bertopik balapan dari bathekistik.blogspot.com.

kalo belum liat sekuel pertama keduanya bisa diliat di sini :

Sekuel Pertama



Yaudah, di sini Batheki bakal cerita lagi tentang para pembalap cantik ......


Keiko Ihara

Bu Keiko foto sama mobil tim Gulf Racing

Keiko Ihara sebenernya berprofesi sebagai guru bahasa Inggris, tapi kalo nggak lagi ngajar, Keiko-sensei jadi pebalap mobil. Begini ceritanya...


Awalnya, wanita berusia 40 taun ini cuma jadi model foto perlengkapan balap dan otomotif, sampe akhirnya nyemplung juga ke dunia balap. Rekam jejaknya juga bagus. Dia udah pernah ikutan Formula Nippon, F3 Inggris, Formula Renault Inggris, sama Formula BMW Asia. Kalo ajang balap turingnya ada GT300, Asian Le Mans, European Le Mans Series, Dubai 24 Jam, Le Mans 24 Jam dan sekarang WEC. 

Bu Keiko wanita yang pertama yg naik podium seri WEC

Catatan manis diukir Bu Keiko di balapan Fuji 6 Jam 2014. Bu Keiko yang semobil ama Alex Brundle dan Gustavo Yakaman di tim OAK Racing berhasil naik podium ke-3 di kelas LMP2. Bu Keiko jadi wanita pertama sepanjang sejarah WEC yang bisa masuk podium....selamet ya Bu..... 

Susie Wolff


Pebalap Skotlandia yang satu ini dulunya pernah ikut ajang balap mboil turing kayak DTM di Jerman selama 6 taun (2006-12). Pebalap yang nama gadisnya Susie Stoddart ini dipersunting Toto Wolff, penasihat teknik tim Williams F1 di taun 2011 yang dulunya pebalap juga. 
Susie pas masih ngetes di tim Williams F1

Sang suami hijrah ke tim Mercedes di taun 2014, sedangkan Bu Susie tetep di tim Williams sebagai pebalap ujicoba sekaligus cadangannya Felipe Massa & Valtteri Bottas. Sejak 2006 sampe sekarang Bu Susie (32) setia banget ama satu merek, Mercedes-Benz. Sepanjang karirnya di DTM dia cuma pake mobil Mercedes-Benz trus pindah ke F1 sbg test driver di mobil yang bermesin Mercedes-Benz juga.

Simona Di Silvestro


Pebalap dari Swiss yang ke-3 yang masuk daftar ini (dari awal) setelah Cyndie Allemann dan Natasya Gachnang. Simona yang lahir taun 1988 di kota Thun, Swiss ini udah ikutan balap kelas open wheels sejak taun 2008. Dari Formula Renault Italia, Formula BMW AS, Atlantic Championship dan sekarang IndyCar Series. 

Prestasi tertingginya peringkat ke-3 Atlantic Championship 2009 dan juara ke-2 Indycar GP Houston 2013. Simona pernah niat pengen masuk F1, tapi.....
 
Ya, dia pernah mau masuk Sauber F1. Cuman nggak diterima...

Alexandra Asmasoebrata
 
pasti udah nggak asing ama dia
Kalo suka nonton TV, ada iklan sampo (yg itu) pasti tau Andra. Andra (26) yang pernah jadi model iklan sampo ini punya latar belakang sbg pebalap mobil yang cukup kuat.
 
jajal mobil Formula Renault di sirkuit
Dari awal karirnya Andra udah juara nasional karting dan karirnya lanjut ke ajang open wheel. Taun 2005 dia ikut Formula Campus di Tiongkok trus turun di Formula Renault Asia. Andra masuk ke seri itu taun 2006 dan gini catetannya....

2006 Tim Indonesia Inc. Racing Team 6 start (prt. 24) 9 poin
2007 Tim Indonesia Inc. Racing Team 6 start (prt. 20) 3 poin
2008 Tim PS Racing 6 start (prt. 12) 38 poin
2009 Tim Champ Motorsport 4 start (prt. 16) 24 poin
2010 Tim Champ Motorsport 8 start (prt. 8) 67 poin
2011 Tim PS Racing 12 start, 5 podium (prt. 3) 182 poin
2012 Tim PS Racing 4 start (prt. 15) 24 poin
2013 Tim Champ Motorsport 1 start

Total : 47 start, 5 podium (1x ke-2, 4x ke-3) 347poin

Musim 2010 (8 start) dengan finis terbaik ke-4 di seri-10 Zhuhai. Pas taun 2011 finis kedua di seri Zhuhai ke-1. Total di musim itu dia dapet 5 podium (di seri 1,2,3,6,11.) Di musim selanjutnya, Andra finis 3x di 4 balapan yang dia ikutin. Andra masih ikut seri itu di musim 2013, tapi cuma di seri ke-3 nya aja.
 
berhasil naek podium
Untuk di level Asia prestasi itu udah bagus sekali lagipula banyak pebalap non-Asia ikutan Formula Renault Asia (ditambah lawannya cowok semua). Lulusan ajang Formula Renault Asia yg terkenal adalah Alexandre Imperatori (pebalap Super GT dari Swiss), Felix Rosenqvist (Juara GP Makau 2014 dari Swedia) trus Congfu Cheng (eks pilot tim A1GP Tiongkok).

Maria Herrera
 
Anggota generasi baru pembalap cewe
Di ajang roda 2, muncul nama peserta cewe Maria Herrera (18) di kompetisi Moto3 di jaman sekarang. Maria pertama kali turun di seri Moto3 taun 2013 bareng tim Junior Estrella Galicia sebagai pebalap wildcard.
Turun di GP Valencia 2014 sbg wildcard

Di taun 2014 dia kebagian lagi jatah main di seri Catalunya, Jerez, ama Valencia. Dia tetep di tim Junior Estrella Galicia yang kini udah pake motor Honda. Maria pernah ikut seri FIM Repsol Campeonato Espaňol Velocidad atau Kejuaraan Nasional Balap Motor Spanyol di kelas Moto3. Nggak tanggung-tanggung, Maria jadi runner-up  di taun 2013. 
 
waktu ngetes motor Calvo di sesi ujicoba pramusim di Valencia
Di taun 2015 Maria bakal turun semusim penuh di moto3 bareng tim Calvo KTM. Di tim ini doi bakal ditemenin Eric Granado dari Brasil plus Isaac Viňales dari Spanyol. Sebagai catetan, yg pernah gabung tim Calvo antara lain Maverick Viňales Juara Dunia moto3 2013 sama Ana Carrasco, pebalap cewe lainnya di moto3.


sumber gambar : speedweek.com, fiawec.com, lesenjoliveuses.fr, f1fanatic.co.uk, reddit.com, sidepodcast.com, solopos.com, jetgalaindonesia.com, inilah.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenjang Karir Pebalap Mobil / Cara Menjadi Pebalap F1

Langsung aja kita bahas gimana jenjang karir pebalap mobil dan tahapan-tahapan yang harus dilewati. Secara garis besar ada 6 tingkatan tangga kejuaraan di ajang balap mobil, dari yang terendah (karting) sampe yang tertinggi (Formula 1). Rinciannya : karting, Formula 4, Formula 3, Formula 2, dan Formula 1 (F1).   inforgrafis biaya balap menuju F1 Untuk bisa masuk F1, seorang pebalap harus punya Superlicence yang dikeluarin FIA (Federation Internationale d’Automobile, atau Federasi Otomotif Intermasional). Itu bisa diraih pebalap yang berhasil ngumpulin 40 poin Superlicence dalam karirnya. Selanjutnya gua bakal jelasin cara-cara ngumpulin poinnya. 1. Karting    Hampir semua pebalap mobil mulai belajar balap dari usia dini, misal 4-6 taun. Pastinya mereka nggak langsung dilatih kayak anak yang udah gede, tapi lebih dulu belajar pake mobil kart khusus anak. Tahap pengenalan sama belajar ini bisa makan waktu cukup lama sebelum seorang anak bisa ikut ajang balap ...

Mobil Hantu di Suzuka

Peta sirkuit Suzuka. Jaman dulu Casion Triangle belum jd chicane dan 130Rnya lebih panjan g Mobil hantu di Suzuka Pada 4 Mei 1963, balapan Grand Prix Jepang digelar di sirkuit Suzuka, yang waktu itu masih baru. Balapan ini juga jadi Grand Prix pertama setelah jaman Perang Dunia 2. Banyak orang pengen nonton aksi para pebalap di balapan ini. Diantara para pebalap yang paling dijagoin menang adalah Masao Asano, yang pake mobil Austin-Healey 3000 warna putih. Masao ikut balapan dengan nomor start 42. Di Jepang sendiri nomer itu kalo dibaca kebalik artinya shi ni yang kurang lebih bisa diartiin “kematian”. Masao nggak peduli dengan sebutan itu, dia cuma anggap kebetulan aja. Di awal-awal lomba Masao unggul dari para pesaing, tapi, pas dia masuk tikungan 130R yang termasuk tikungan cepet mobilnya melintir, ngehajar tembok pembatas dan masuk jurang. Masao sendiri sampe kelempar dari mobilnya dan meninggal pas regu penyelamat dateng. Gara-gara kecelakaan ...

MOBIL BALAP TERHEBAT SEPANJANG MASA: Bagian 1

Porsche 917/30 “Can-Am Killer”   Ini mobil yang paling ‘gokil’ ceritanya. Banyak ahli dan pengamat dunia balap bilang mobil racikan Porsche-Audi ini sebagai mobil paling hebat yg pernah ada dalam sejarah balapan dunia. Anggapan ini nggak ada bohongnya sama sekali. Di taun 1972 Porsche ikut ajang balap Can-Am Series karena taun sebelumnya udah ada perubahan regulasi di Le Mans. Porsche 917 yang begitu hebat akhirnya dipertarungkan di ajang Can-Am. Performa mobil ini sangat gila; mesin twin-turbo 12 silindernya bisa sampe 1580 dk! Angka itu di capai di sesi kualifikasi aja karena di sesi balapan para mekanik nurunin tenanganya sampe 1100 dk. Akselerasinya juga secepat kilat; 0-100kmj dalam 1,9 detik, 0-200mpj (10,9 detik). Topspeed- nya ditaksir sampe 420kmj! Bahkan buat standar sekarang performa macem gitu nggak bisa ditandingi WEC, IndyCar, MotoGP, bahkan F1 sekalipun. Dikendarai Mark Donohue di balapan Bisa ditebak apa yg terjadi kemudian begitu Por...